Pengaruh Beban Kerja terhadap Semangat Kerja dengan Kompetensi sebagai Variabel Intervening pada Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Medan

  • andi irfan Universitas Harapan Medan
  • Ade Indah Sari Universitas Harapan Medan
  • Ilham Mubaraq Ritonga Universitas Harapan Medan
Keywords: Beban kerja, Semangat Kerja, Kompetensi

Abstract

Riset ini bertujuan buat mengidentifikasi Pengaruh Beban Kerja Terhadap Semangat Kerja Dengan Kompetensi Sebagai Variabel Intervening Riset Pada BPS Kota Medan. Kategori studi ini menggunakan studi kuantitatif. Pengumpulan data dicoba dengan menggunakan kuesioner, sampel studi ini sebanyak 100 responden. Tata metode pengambilan sampel diperoleh dengan menggunakan rumus sampel jenuh sebagai perhitungannya. Pengukuran variabel dengan cara menggunakan skala likert). Analisa data dalam penelitian ini menggunakan metode uji validitas, uji reliabilitas, Path analysis, Regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji model (F), uji parsial (T), dan uji koefisien determinasi.

Hasil riset ini meyakinkan apabila beban kerja tidak pengaruhi langsung dan signifikan terhadap kompetensi. Beban kerja pengaruhi langsung dan signifikan dengan semangat kerja, Kompetensi pengaruhi langsung dan signifikan dengan semangat kerja, serta Beban kerja terhadap semangat kerja dengan kompetensi tidak pengaruhi langsung signifikan pada BPS Kota Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Echols dan Shadily dalam Mukhiyidin (2012) Jurnal dari Novemaril, Susi Hendriani, Yulia Efni “Pengaruh beban kerja dan mutasi terhadap semangat kerja dengan kompetensi sebagai variabel Intervening pada Ditreskrimum Polda Riau”.

Informasi umum Badan Pusat Statistik Medan www.bps.go.id

Rivai, Veithzal, (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek : PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sutarto, (2006), Dasar-dasar Kepemimpian Administrasi, Yogyakarta : GMUP Gadjah Mada, University Press
Published
2021-02-10
How to Cite
irfan, andi, Sari, A., & Ritonga, I. (2021, February 10). Pengaruh Beban Kerja terhadap Semangat Kerja dengan Kompetensi sebagai Variabel Intervening pada Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Medan. JaManKu: Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(02), 31-37. https://doi.org/https://doi.org/10.35447/jamanku.v2i02.369