ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DIMODERASI OLEH STORE ATMOSPHERE (STUDI PADA KONSUMEN KFC GAJAH MADA MEDAN)

  • delvi syahfitri universitas harapan
Keywords: Adtractive Advertising, Selebrity Endorser, Store Atmosphere, Interesting Buying

Abstract

The purpose of this research was to analyze the influenced of advertisement and celebrity endorser toward consumer buying interest moderated by store atmosphere (KFC Gajah Mada Medan consumer study). The type of research using associative with quantitative approach, the population of consumers who came to KFC Gajah Mada Medan as many as 15,281 consumers. Sampling using random samples with Slovin formula so that the number of samples as many as 100 respondents. Sources of research data using primary data and data collection techniques using surveys. Data analysis techniques used multiple linear regression, classical assumption test and hypothesis test.

Based on the results of research indicated that the attractiveness of advertisement and celebrity endorser partially and simultant have an effected  signifikan toward consumer buying interest in KFC branch of Gajah Madah Medan. Store atmosphere has aignificant effected toward consumer buying interest. Store atmosphere did not modify the influenced of advertising attraction and celebrity endorser toward consumer buying interest in KFC Gajah Mada Medan.

References

DAFTAR PUSTAKA
Alfarazy, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Sherina Munaf pada Iklan Advan Vandroid S5-F terhadap Minat Beli Konsumen (Studi kasus pada Masyarakat Umum Kota Bandung 2014). e-Proseeding of Management. Vol.2. No. 1.April. ISSN: 2355-9357. Hal: 686-707.
Amir F. & Prijati. (2015). Pengaruh Store Atmosphere dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cosmic Clothing Store. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol.4. No.8. Agustus. Hal: 1-18.

An’nisa V. (2016). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Café Little Wings di Bandung Tahun 2016. e-Proceeding of Applied Science. Vol.2. No.2. Agustus. ISSN: 2442-5826. Hal: 475-500.
Anggi V.F. & Soesanto H. (2016). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Celebriti Endoser pada Promo AdaAQUA terhadap Minat Beli AMDK Merek AQUA dengan Citra Merek seabgai Variabel Intervening (Studi kasus pada Mahasiswa S1 di Jawa Tengah dan DIY). Diponegoro Journal of Management. Vol.5. No.3. Hal: 1-14. ISSN (online): 2337-3792.
Febriyanti R.S.& Wahyuati A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol.5. No.5. Mei. Hal: 1-18. ISSN: 2461-0593.
Manap H.A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Wacana Media.
Martono, N. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Edisi I. Cetakan ke-1. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Murti, B.N. & Sugiarto Y. 2014. Analisis Pengaruh Iklan dan Celebrity Endorser terhadap Citra Merek dalam Meningkatkan Minat Beli pada Produk Sepatu Olahraga Adidas (Studi pada Warga Kelurahan Banyumanik, Kecamatan Banyumanik). Diponegoro Journal of Management. Volume 3. Nomor 3. ISSN (online): 2337-3792. Hal: 1-15.
Prabowo Y.W., Suharyono., Sunarti. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Minat Beli (Survei pada Pengunjung 3 Second Store di Jalan Soekarno Hatta Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol.14. No.2.September. Hal: 1-7.
Putri, LH., Kumadji S., Kusumawati A. (2014). Pengaruh Strore Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan (Studi pada Monopoli Café dan Resto Soekarno Hatta Malang). Jurnal Administrasi Binis (JAB). Vol.15. No.2. Oktober. Hal: 1-5.
Siregar S. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi. 17. Edisi i. Cetakan Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
Sulistyo, Joko. (2010). 6 Hari Jago SPSS 17. Cetakan Pertama. Jakarta: Cakrawala.
Sunyoto, Danang. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi dan Kasus. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.
Widyanto A.C., Yulianto E., Sunarti. (2014). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Distro Planet Surf Mall Olympic Garden Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol.14. No.1. September. Hal:1-6.
Published
2019-11-28