Implementasi Media Penentuan LokasiI Strategis Dengan Metode Analytical Hierarcy Process

  • Fany Andhina Universtas Harapan Medan
Keywords: Strategic Location, Analytical Hierarchy Process, Media

Abstract

Pemilihan lokasi usaha adalah hal utama yang perlu dipertimbangkan.Lokasi strategis menjadi salah satu faktor penting dan sangat menentukan keberhasilan suatu usaha.Adapun permasalahan yang sering terjadi yaitu kriteria-kriteria yang ada sering kali bertentangan dengan keinginan dan kemampuan pelaku usaha dalam menentukan lokasi usaha kuliner. Sehingga dibutuhkan suatu pemecahan masalah yang bisa menghasilkan alternatif terbaik yang tidak hanya mengandalkan intuisi serta pengalaman yang  cenderung lambat dan tidak objektif. Salah satu solusi untuk penentuan lokasi usaha dapat dilakukan dengan cara pembuatan suatu implementasi media penetuan lokasi strategis yang terkomputerisasi dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Penelitian ini bertujuan memberikan solusi berbasis teknologi informasi yang dapat dijadikan pertimbangan dalam pemilihan lokasi usaha kuliner yang strategis, serta untuk memudahkan dalam pengambilan kebijakan berdasarkan kriteria yang terbaik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. Mahnun, “Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran),” an-Nida’, vol. 37, no. 1, pp. 27–35, 2012.
M. Suhartanto, “Pembuatan Website Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Delanggu Dengan Menggunakan Php Dan Mysql,” J. Speed, vol. 4, no. 1, pp. 1–8, 2012.
E. N. Fu’ad, “Pengaruh Pemilihan Lokasi Terhadap Kesuksesan Usaha Berskala Mikro/Kecil Di Komplek Shopping Centre Jepara,” Fak. Ekon. dan Bisnis, Univ. Islam Nahdlatul Ulama Jepara, vol. Vol. 30 No, no. 1, pp. 56–67, 2015.
J. Sistemasi, S. Pendukung, K. Pemilihan, T. Buku, B. Web, and M. Ahp, “Darmawati, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Toko Buku Berbasis Web dengan Metode AHP 22,” vol. 2, pp. 22–31, 2013.
Published
2019-10-15
Section
Articles