Sistem Informasi Kinerja Keuangan Desa Berbasis Web

  • Elsa Naya Universtas Harapan Medan
Keywords: Sistem Informasi, , Kinerja Keuangan Desa, Berbasis Web.

Abstract

Dengan adanya sistem informasi dapat membuat suatu kegiatan pekerjaan lebih tersistem.Dalam kinerja keungan desa yang selama ini dilakukan oleh penatausahaan keuangan desa dimana penatausahaan pendapatan desa melakukan proses pencatatan yang dilakukan oleh Bendahara Desa terhadap seluruh transaksi penerimaan pendapatan desa yang meliputi pendapatan asli desa, transfer, dan pendapatan lain-lain masih sering terjadi kesalahan. Selain itu bendahara Desa melakukan pencatatan secara sistematis dan kronologis atas transaksi-transaksi keuangan yang terjadi. Penatausahaan keuangan desa yang dilakukan oleh Bendahara Desa dilakukan dengan cara sederhana, yaitu berupa pembukuan dan belum menggunakan jurnal akuntansi dan pada penatausahaan maupun kinerja keuangan desa masih menggunakan sebuah aplikasi desktop dan masih menggunakan database microsoft access, sehingga diperlukan update database untuk mengganti informasi desa setiap tahunnya.Tujuannya dapat dilakukanpengelolaan  keuangan desa yang transparan dan efektif, penatausaahan keuangan desa yang lebih akurat dan informatif karena sudah berbasis website, kinerja keungan desa yang akuntabel serta mudah digunakan. Metode Waterfall digunakan untuk  proses  pengembangan  sistem  ini,  diantaranya  melalui beberapa  tahapan  dari  mulai  perencanaan,  analisis  sampai  sistem  terebut diimplementasikan dan dipelihara. Hasil penelitian adalah sebuah sistem informasi kinerja keuangan desa berbasis web untuk penatausahaan kinerja keuangan desa, sehingga pelaporan lebih transparan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Dahlan. 2016. Sistem Informasi Pendataan Kendaraan Hilang Berbasis Web Pada Polres Binjai. Universitas Malikussaleh, Aceh.
Diah, Ayu Amalia & Syawie, M.2016. Pembangunan Kemandirian Desa Melalui Konsep Pemberdayaan:Suatu Kajian Dalam Perspektif Sosiolog. Peneliti Puslitbang Kesejahteraan Sosial, Kementerian Sosial RI, Jakarta.
Aditya, Ayu Oktavyal. 2015. Penerapan (electronic government) e-Government Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Dalam Pemberian Pelayanan Di Kota Bontang. Universitas Mulawarman.
Tri, Neny Indrianasari. 2017. Peran Perangkat Desa Dalam Akuntanbilitas Pengelolaan Keuangan Desa (Studi Pada Desa Karangsari Kecamatan Sukodono).STIE Widya Gama Lumajang.
Taufik, Taufeni. 2013. Pengelolaan Keuangan Desa Dalam Sistem Keuangan Negara Republik Indonesia.Universitas Riau, Pekanbaru.
Riyanto, Teguh. 2015.Akuntabilitas Finansial Dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa (Add) Di Kantor Desa Perangat Selatan Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara.Universitas Mulawarman.
Baladantu, Evelin. 2015. Kebijakan Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (Studi Di Desa Peling Kecamatan Siau Barat Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro). Universitas Jakarta.
Novari, Satria. 2015. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pondok Makan Raja Sambel. AMIK AKMI Baturaja, Sumatera Selatan.
Homaidi, Ahmad. 2016. Sistem Informasi Akademik AMIK Ibrahimy Berbasis Web.AMIK Ibrahimy.
Hendini, Ade. 2016.Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). AMIK BSI, Pontianak.
Published
2019-09-04
Section
Articles