PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU MENGGUNAKAN METODE MATERIAL RECRUITMENT PLANNING (MRP) PADA PT. ABC

  • Eddy Eddy Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik & Komputer, Universitas Harapan Medan

Abstract

Ketidakpastian  jumlah dan waktu permintaan pelanggan mendorong adanya persediaan. Oleh karena itu, perusahaan perlu melakukan pengendalian persediaan yang baik untuk meminimalkan investasi yang tertanam dalam persediaan dan mempertimbangkan kelancaran proses produksi. Metode Material Requirement Planning (MRP) yang digunakan dalam penelitian ini diawali dengan menyusun jadwal induk produksi, struktur produk dan daftar kebutuhan bahan, serta diakhiri dengan menganalisis besarnya jumlah pesanan optimal untuk 1 periode. Dari penelitian yang dilakukan maka akan dibuat peramalan untuk satu periode kedepan yang akan menjadi jadwal induk produksi. Dari jadwal induk produksi tersebut dilakukan perhitungan kebutuhkan produk sampai pada tingkat level terendah. Setelah diperoleh jumlah kebutuhan maka dilakukan upaya perencanan  pemesanan dan jumlah persedian yang dibutukan dengan menggunakan metode lotsize. Dari hasil perhitungan  metode peramalan yang digunakan adalah linear regression, karena menghasilkan nilai error terkecil. Sedangan untuk penentuan ukuran  pemesanan yang optimal dilakukan dengan menggunakan metode Lot for Lot (LFL) karena menghasilkan biaya terkecil sebesar Rp. 9.774.217,-.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Brown, S., Blackmon, K., Cousins, P., dan Maylor, H. 2001. Operations Management: Policy, Practice and Performance Improvement. Oxford: A division of Reed Educational and Professional Publishing Ltd.
[2] Freddy Rangkuti. 2007. Manajemen Persediaan: Aplikasi di Bidang Bisnis. Edisi 2.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
[3] Hendra Kusuma. 2009. Manajemen Produksi:Perencanaan dan Pengendalian produksi. Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit Andi.
[4] Kumar, A. S., dan Suresh, N. 2008. Production and Operations Management: with Skill Development, Caselets, and Cases. New Delhi: New Age International (P) Limited, Publishers.
[5] M. Syamsul Ma’arif dan Hendri Tanjung. 2003. Manajemen Operasi, Edisi 3. Jakarta: Grasindo.
[6] Potas M. Pardede. 2007. Menajemen Operasi Dan Produksi. Yogyakarta : Penerbit Andi.
[7] Rika Ampuh Hadiguna. 2009. Manajemen Pabrik: Pendekatan Sistem untuk Efisiensi dan Efektivitas. Edisi 1. Jakarta: Bumi Aksara.
[8] Sofjan Assauri. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi 4. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
[9] Tampubolon Manahan P. 2004. Manajemen Operasi (Operations Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.
[10] Vincent Gaspersz. 2002. Production Planning & Inventory Control. Jakarta: PT. Gramedia
Published
2019-10-14
How to Cite
Eddy, E. (2019, October 14). PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU MENGGUNAKAN METODE MATERIAL RECRUITMENT PLANNING (MRP) PADA PT. ABC. JiTEKH, 7(2), 36-41. https://doi.org/https://doi.org/10.35447/jitekh.v7i02.69