Sosialisasi Financial Technology (FinTech) bagi Guru SMK Produktif Administrasi Perkantoran di Kabupaten Tasikmalaya

  • Raden Roro Suci Nurdianti Universitas Siliwangi
  • Kurniawan Kurniawan Universitas Siliwangi
  • Syamsudin Arnasik Universitas Siliwangi
Keywords: Financial, Technology, FinTech, Kabupaten Tasikmalaya

Abstract

Financial technology/FinTech merupakan hasil gabungan antara jasa keuangan dengan teknologi yang akhirnya mengubah model bisnis dari konvensional menjadi moderat. FinTech muncul seiring perubahan gaya hidup masyarakat yang saat ini didominasi oleh pengguna teknologi informasi tuntutan hidup yang serba cepat. Dengan FinTech, permasalahan dalam transaksi jual-beli dan pembayaran seperti tidak sempat mencari barang ke tempat perbelanjaan, ke bank/ATM untuk mentransfer dana, keengganan mengunjungi suatu tempat karena pelayanan yang kurang menyenangkan dapat diminimalkan. Dengan kata lain, FinTech membantu transaksi jual beli dan sistem pembayaran menjadi lebih efisien dan ekonomis namun tetap efektif. Permasalahan yang terjadi adalah, belum semua masyarakat memahami perkembangan teknologi keuangan ini. Oleh karena itu, diperlukan sosialisasi guna memperkenalkan FinTech ini ke masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Raden Roro Suci Nurdianti, Universitas Siliwangi

Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi

Kurniawan Kurniawan, Universitas Siliwangi

Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi

Syamsudin Arnasik, Universitas Siliwangi

Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi

References

Bank Indonesia. (2017). Teknologi Finansial. https://bi.go.id/id/sistem-pembayaran/fintech/contents.aspx
Bank Indonesia. (2017). Peraturan Bank Indonesia No.19/21/PBI/2017 tentang Penyelenggaraan Teknologi Finansial. https://bi.go.id/id/peraturan/sistem-pembayaran/PBI_191217.aspx
Published
2020-07-15
How to Cite
Nurdianti, R., Kurniawan, K. and Arnasik, S. (2020) “Sosialisasi Financial Technology (FinTech) bagi Guru SMK Produktif Administrasi Perkantoran di Kabupaten Tasikmalaya”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), pp. 1-6. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v2i01.158.