Cara Mudah Membuat Presentasi Interaktif Menggunakan Google Slides

  • Rismayanti Rismayanti Universitas Harapan Medan
  • Khairunnisa Khairunnisa Universitas Harapan Medan
  • Siti Sundari Universitas Harapan Medan
Keywords: presentasi, interaktif, Google Slides

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi saat ini ternyata tidak sedikit guru yang menerapkan metode belajar mengajar menjadi lebih efektif lagi. Banyak guru yang menerapkan metode presentasi dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, baik itu siswa maupun guru. Tugas presentasi ternyata tugas menakutkan untuk kalangan siswa/siswi. Dengan tugas presentasi maka guru dapat menilai siswa secara kognitif dan efektif. Mulai dari penilaian kerja kelompoknya, penilaian produknya dan kecakapan bicara didepan kelas, kemampuan menjawab pertanyaan dan perilaku siswa saat presentasi dilakukan. Disisi lain, penjelasan guru mengenai metode presentasi yang baik dan benar untuk diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar masih sangat kurang. Dengan demikian sangat dibutuhkan cara atau media yang harus diinformasikan kepada para siswa tentang teknik pembuatan presentasi yang interaktif dan lebih menarik salah satunya dengan media yang dapat digunakan yaitu media presentasi interaktif dengan google slides. Google slides sebuah aplikasi presentasi yang memungkinkan kita untuk memamerkan karya kita dengan cara visual. Oleh karena itu pengabdian masyarakat ini akan membahas Cara Mudah Membuat Presentasi Interaktif Menggunakan Google Slides.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rismayanti Rismayanti, Universitas Harapan Medan

Program Studi Teknik Informatika Universitas Harapan Medan

Khairunnisa Khairunnisa, Universitas Harapan Medan

Program Studi Teknik Informatika Universitas Harapan Medan

Siti Sundari, Universitas Harapan Medan

Program Studi Teknik Informatika Universitas Harapan Medan

References

Bimo, Djoko Sri, 2016, ‘Langkah Praktis Pembuatan Media Presentasi yang Efektif dan Interaktif untuk Pembelajaran’, Prociding Temu Ilmiah Nasional Guru, VIII, hh. 324-340.

Dwi Jayanto, A & Island Script, 2013, Slide Presentasi Ala Steve Job, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta

https://en.wikipedia.org/wiki/Google_Slides

http://fisip.untan.ac.id/index.php/2017/05/06/berlatih-buat-presentasi-dengan-beralih-ke-google-slide/

Spencer, L 2019, Apa itu Google Slide ? Software Presentasi yang Hebat, Applied Envatotuts+, dilihat tanggal 29 Februari 2019,
https://business.tutsplus.com/id/articles/what-is-google-slides--cms-2956
Published
2020-11-17
How to Cite
Rismayanti, R., Khairunnisa, K. and Sundari, S. (2020) “Cara Mudah Membuat Presentasi Interaktif Menggunakan Google Slides”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), pp. 41-45. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v2i02.240.