Pelatihan Pembuatan Database Menggunakan Microsoft Access di SMK Citra Harapan Medan

  • Nita Syahputri Universitas Potensi Utama
  • Ulfah Indriani Universitas Potensi Utama
Keywords: SMK Citra Harapan, database, Microsoft Access

Abstract

SMK Citra Harapan Medan adalah salah satu SMK swasta yang ada di kota Medan. Dalam kurikulumnya SMK ini mengajarkan mata pelajaran komputer sebagai bagian dari spesifikasi kejuruannya. Dengan kemajuan teknologi hampir semua orang sudah memiliki komputer sendiri. Sehingga banyak sekolah mulai menjadikan pembelajaran komputer sebagai salah satu mata pelajaran atau jurusan yang diajarkan pada sekolah tersebut. Misalnya cara membuat database menggunakan Microsoft Access. Database bisa dipakai untuk menampung data sesuai kebutuhan dari para siswa, atau bisa juga sebagai sarana penunjang dalam pelajaran mereka.  Pelatihan ini dibuat sebagai program dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Potensi Utama bertanggung jawab mengembangkan dan menyebarluaskaan ilmu pengetahuan teknologi dan atau kesenian, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Melalui pelatihan kepada para siswa SMK Citra Harapan Medan diharapkan mereka dapat membuat database menggunakan Microsoft Access untuk berbagai kepentingan atau sebagai penunjang dalam pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nita Syahputri, Universitas Potensi Utama

Prodi Sistem Informasi, Universitas Potensi Utama

Ulfah Indriani, Universitas Potensi Utama

Prodi Sistem Informasi, Universitas Potensi Utama

References

Mangkulo, Hengky Alexander dan Winpec Solution. 2010. Microsoft Access 2010 Untuk Pemula. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Winpec Solution. 2007. Mudah Menguasai Microsoft Access 2007. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Winpec Solution. 2008. Microsoft Access 2007 Untuk Tingkat Mahir. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Published
2021-07-19
How to Cite
Syahputri, N. and Indriani, U. (2021) “Pelatihan Pembuatan Database Menggunakan Microsoft Access di SMK Citra Harapan Medan”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(01), pp. 7-10. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v3i01.374.