Author Guidelines

Cara Menulis Judul, Nama, dan Alamat Penulis

Judul naskah harus ditulis di bagian atas halaman pertama dengan garis tengah penjajaran teks. Sementara itu, nama penulis (tanpa gelar akademis), dan alamat afiliasi penulis, harus ditulis dengan perataan teks tengah juga di bawah judul. Penulis harus memberikan dua spasi antara judul dan nama penulis. Kemudian, jarak antara email penulis dan judul abstrak adalah dua spasi. Kata kunci harus ditulis di bawah abstrak keseluruhan untuk semua kata. Selain itu, harus dipisahkan oleh titik koma (;) secara maksimal tiga hingga enam kata.

Penulis yang bertanggung jawab dan korespondensi harus ditulis pertama dan kemudian diikuti oleh penulis kedua, penulis ketiga, dan seterusnya. Komunikasi mengenai revisi naskah dan pernyataan akhir akan diinformasikan melalui email kepada penulis pertama saja. Jika ada lebih dari satu penulis, nama penulis harus ditulis secara terpisah dengan koma (,). Jika nama penulis terdiri dari dua kata, nama pertama tidak boleh disingkat. Jika nama penulis hanya satu kata harus ditulis seperti itu. Namun, dalam versi online itu akan ditulis dalam dua kata dengan nama yang sama berulang kali untuk tujuan pengindekan metadata.

 

Pedoman Umum Naskah

Pedoman umum naskah adalah sebagai berikut:

  • Naskah yang diajukan adalah naskah yang belum pernah dipublikasikan di media publikasi lain atau penerbit.
  • Naskah tidak mengandung unsur plagiarisme apa pun. Dewan editorial akan langsung menolak teks yang menunjukkan plagiarisme.
  • Naskah yang telah ditulis di bawah panduan Jurnal Prioritas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (dalam format MS Word) harus diserahkan melalui Sistem Pengajuan Online menggunakan Open Journal System (OJS) di portal Jurnal Prioritas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (http://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/index) pilih satu prosedur. Kemudian, daftar sebagai penulis di bagian “Daftar”.
  • Template dan panduan penulisan naskah tersedia dalam format MS Word (.doc) dan dapat diunduh disini.
  • Naskah yang tidak sesuai dengan panduan penulisan Jurnal Prioritas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat akan dikembalikan kepada penulis sebelum proses peninjauan.
  • Naskah harus memuat beberapa aspek dari artikel ilmiah dengan urutan sebagai berikut: (a) judul, (b) nama penulis (tanpa gelar akademis), (c) institusi penulis, (d) alamat institusi, (e) email penulis, (f) abstrak dan kata kunci, (f) pendahuluan, (g) metode pelaksanaan, (h) hasil dan pembahasan, (i) kesimpulan, saran (j) daftar pustaka.
  • Sub judul yang termasuk dalam bagian (a) pendahuluan, (b) metode pelaksanaan, (c) hasil dan pembahasan, (d) kesimpulan, dan (e) saran harus diberi nomor dalam urutan penomoran dimulai dari satu. Sub judul ditulis dalam format huruf tebal. Ini menggunakan perataan teks kiri tanpa garis bawah. Sub judul diperluas, berikutnya harus ditulis dalam format huruf tebal dan kalimat, Ini harus menggunakan penjajaran teks kiri dan format penomoran tingkat dua.
  • Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan bahasa standar. Naskah harus ditulis sesuai template dan ditulis pada kertas ukuran custom size 18 cm (width) 25 cm (height) dengan margin 2,49-2,5-2,49-2 cm (Top-Left-Bottom-Right).
  • Teks naskah menggunkan Font style arial dengan ukuran 12 pt untuk judul naskah, 10 pt untuk abstrak, 11 pt untuk body paragraf dan 10 pt untuk judul (caption) tabel/gambar/grafik.
  • Kata-kata dari bahasa asing atau yang dinyatakan asing diketik dengan format Italic. Setiap paragraf mulai 10 mm dari perbatasan sisi kiri sementara tidak ada spasi di antara paragraf.

Tabel dan gambar ditempatkan dalam grup teks setelah tabel atau gambar yang direferensikan. Setiap gambar harus diberi keterangan (keterangan gambar) di bawah gambar dan diberi nomor diikuti dengan judul gambar. Setiap tabel harus diberi judul tabel (Table Caption) dan diberi nomor di atas tabel diikuti dengan judul tabel. Tabel tidak boleh berisi garis vertikal, sementara garis horizontal hanya diperbolehkan untuk titik penting

Gambar-gambar lampiran harus dijamin jika dicetak dengan kualitas baik (ukuran font, resolusi dan ruang garis yang jelas terlihat). Gambar, tabel, dan bagan harus ditempatkan di pusat antara grup teks. Jika memiliki ukuran lebih besar, dapat ditempatkan di tengah halaman.

Pedoman Penulisan Body Teks Naskah

 

Judul: Harus informatif ditulis dengan singkat dan jelas. Tidak boleh multi tafsir harus tepat dengan masalah yang akan dibahas. Ditulis dengan huruf kapital dan simetris. Judul artikel tidak mengandung singkatan yang tidak lazim. Ide utama harus ditulis pertama dan diikuti oleh penjelasannya. Judul artikel harus ditulis tidak lebih dari 20 kata. [Arial, 12] dengan pilihan tebal dan dalam format teks tengah.

Identitas Penulis: Nama penulis ditulis lengkap tanpa gelar. [Arial, 11], diikuti nama Institusi dan email penulis. baik penulis 1, penulis 2 dan seterusnya. [Arial, 10].

Abstrak: Ditulis dalam Bahasa Inggris dan Indonesia, terdiri dari  intisari pendahuluan (latar belakang dan tujuan), metode pelaksanaan, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan saran. Abstrak ditulis tidak lebih dari 300 kata, cetak miring dan dalam satu paragraf. [Arial, 10]

Kata Kunci: Terdiri minimal 3 kata kunci dan maksimal 6 kata kunci yang setiap kata kunci dipisah oleh tanda titik koma (;), dan ditulis miring (italic). [Arial, 10]

Pendahuluan: Berisi paparan masalah, tantangan, atau kebutuhan masyarakat (mitra) yang melatarbelakangi atau menginspirasi pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat, tujuan, dan hasil kajian pustaka. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf. [Arial, 11]

Metode Pelaksanaan: Berisi paparan tentang tahapan-tahapan atau langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan masalah atau mengambarkan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan masyarakat (mitra) termasuk bahasa yang digunakan, alat, evaluasi dan statistik untuk menganalisis data) Penulisan berbentuk paragraf. [Arial, 11]

Hasil dan Pembahasan: Berisi paparan dan topik yang diangkat. Setiap hasil harus dibahas dan didukung oleh data yang memadai. Pembahasan berisi tentang jawaban yang dinyatakan sebelumnya di bagian pendahuluan dan dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. [Arial, 11]

Kesimpulan: berisi tentang kesimpulan dan saran. Kesimpulan akan menjadi jawaban dari capaian dan/atau tujuan. Kesimpulan tidak boleh hanya berisi pengulangan hasil dan pembahasan. Harus menjadi ringkasan hasil seperti yang diharapkan penulis dalam tujuan. Saran berisi tentang Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang terkait dengan ide-ide penulis. disajikan dalam bentuk paragraf. [Arial, 11]

Daftar Rujukan: Semua rujukan yang digunakan dalam naskah harus terdaftar di bagian ini. Pada bagian ini, semua rujukan yang digunakan harus diambil dari sumber primer (jurnal ilmiah dan/atau sumber berupa buku) yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Setiap artikel harus memiliki setidaknya sepuluh rujukan dan menggunakan standar APA fifth edition. [Arial, 11]

Panduan untuk Kutipan dan Referensi

Kutipan dalam artikel yang mengambil dari artikel penulis lain harus melampirkan sumber referensi. Referensi harus menggunakan manajemen aplikasi referensi seperti Mendeley, EndNote, atau Zotero.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

 

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan

Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).

File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.

Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.

Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.

Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditentukan dalam halaman Tentang Kami.

Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Menentukan Reviewer Anonim telah diikuti