ANALISA PERFORMA HONDA SCOOPY FI DENGAN VARIASI INJEKTOR STANDART DAN RACING
yudi andri mulis
Abstract
Injektor merupakan satu komponen utama dalam sistem bahan bakar di antarnya adalah Injektor atau pengabut atau Nozle. Injektor berfungsi untuk menghantarkan bahan bakar dari fuel pump ke dalam silinder pada setiap akhir langkah kompresi dimana torak (piston) mendekati posisi TMA. Dengan perubahan yang diberikan pada injektor kita dapat membandingkan performa pada motor, mulai dari daya dan torsi. karena dengan adanya perubahan pada injektor mempengaruhi suplai bahan bakar ke ruang bakar. Dari analisa penelitian yang dilakukan mendapatkan hasil dari injektor standart dengan daya tertinggi pada injektor standart berada pada putaran 7500 rpm dengan nilai 7,3 Kw. pada torsi tertinggi injektor standart pada putaran 6500 rpm dengan nilai 10,3 Nm dan hasil daya teringgi yang diperoleh pada injektor racing pada puataran 7000 rpm dan 7500 rpm 7,4 Kw. Hasil torsi tertinggi pada putaran 5500 rpm yaitu 12,0 Nm . Maka dapat disimpulkan daya pada injektor racing lebih besar dari pada injektor standart dan torsi pada injektor racing lebih besar dari pada injektor standart
Kata kunci : injektor , torsi ,daya.
The injector is one of the main components in the fuel system including the injectors or foggers or Nozle. The injector functions to deliver fuel from the fuel pump into the cylinder at the end of the compression stroke where the piston (piston) approaches the TDC position. With the changes given to the injectors we can compare the performance of the motor, starting from power and torque. because the change in the injector affects the fuel supply to the combustion chamber. From the analysis of the research conducted, it was found that the standard injector with the highest power on the standard injector was at 7500 rpm with a value of 7.3 Kw. at the highest torque standard injector at 6500 rpm rotation with a value of 10.3 Nm and the highest power results obtained in racing injectors at 7000 rpm and 7500 rpm 7.4 Kw. The highest torque results at 5500 rpm rotation is 12.0 Nm. So it can be concluded that the power in the racing injectors is greater than the standard injectors and the torque in the racing injectors is greater than the standard injectors. Key words: injector, torque, power.
Downloads
References
[2] “pengertian unsur jenis dan pembentukan baja.” kajianpustaka.com (accessed Aug. 11, 2020).
[3] S. Surdia, Tata dan Saito, “Pendahuluan Buku Ajar,” Pengetah. Bahan Tek. PT. Pradnya Paramita. Jakarta .
[4] “M at e r i a l s t e c h n o l o g y 2.”
[5] Kadir, Statistika Terapan Kosep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. 2015.
[6] S. Djaprie, E. George, S. Djaprie, and E. George, “Metalurgi fisik modern dan rekayasa material / R . E . Smallman , R . J Bishop ; penterjemah Sriati Djaprie Teknologi mekanik / oleh B . H . Amstead , Phillip F . Ostwald , Myron L . Van Vlack ; alih bahasa Sriati Djaprie , M . E ., M . Met . Metalurgi fisik modern & rekayasa material / oleh R . E . Smallman dan R . J . Bishop ; penerjemah Sriati Djaprie Ilmu dan teknologi bahan ( ilmu logam dan bukan logam ) / oleh Lawrence H . Van Vlack ; diterjemahkan oleh Sriati Djaprie Ilmu dan teknologi bahan : ilmu logam dan bukan logam / Lawrence H . Van Vlack ; alih bahas Sriati Djaprie Teknologi mekanik jilid 1 / oleh : B . H . Amstead , Phillip F . Ostwald , Myron L . Begeman ; alih bahasa : Sriati Djaprie,” pp. 9–10, 1999.
[7] “Page 1,” p. 1989, 1989.
[8] T. Akhir, A. Rizky, J. Teknik, and M. Universita, “Tugas Akhir Pendahuluan,” pp. 1–4.