Analisa Kinerja Supply Chain Manajement Dengan Metode Supply Chain Operation Reference (SCOR) di PT. Sumber Jaya Indahnusa COY

  • Rini Halila Nasution Universitas Harapan Medan
  • Uun Novalia Harahap Universitas Harapan Medan
  • Jumadi Suratman Universitas Harapan Medan
  • Farur Reza Nasution Universitas Harapan Medan
  • Anggi Pratama Universitas Harapan Medan
Keywords: Supply Chain Operations Reference, Manajemen Supply Chain

Abstract

  1. Sumber Jaya Indahnusa COY adalah salah satu perusahaan di Indonesia yang bergerak di bidang pengolahan minyak kelapa sawit dengan daerah pemasaran produk dalam dan luar negeri. PT. Sumber Jaya Indahnusa COY memiliki permasalahan yang berkaitan dengan rantai pasokan perusahaan, dimana sampai saat ini sistem manajemen pengukuran kinerja supply chain masih kurang maksimal. Pengukuran yang dilakukan masih bersifat fungsional-based dimana pengukuran dilakukan di masing-masing divisi atau bagian yang ada di PT. Sumber Jaya Indahnusa COY. adapun solusi atas permasalahan ini yang diupayakan dengan mengukur dan meningkatkan kinerja rantai pasokan perusahaan. Metode penelitian yang   digunakan   adalah   action   research.   Penyelesaian   masalah dilakukan dengan menggunakan pendekatan SCOR (Supply Chain Operations Reference). Dari hasil pengukuran kinerja supply chain dengan menggunakan metode SupplyChain Operation Reference (SCOR) terdapat 28 KPI yaitu 6 KPI untuk perspektif plan, 8 KPI untuk perspektif source, 4 KPI untuk perspektif make, 6 KPI untuk perspektif deliver, dan 4 KPI untuk perspektif return. rata-rata nilai indeks total sebesar 7,42. Berdasarkan traffic light system, nilai indeks tersebut berada pada kategori kuning yang menunjukkan bahwa performansi supply chain PT. Sumber Jaya Indahnusa COY secara keseluruhan belum mencapai performa yang diharapkan meskipun hasilnya mendekati target yang ditetapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Musyodik, “Studi Agroindustri Pengolahan Karet Remah (Crumb Rubber) PT. Sunan Rubber di Kota Palembang,” Palembang.
[2] H. Sucahyowati, S. Ketatalaksanaan, P. Niaga, D. Kepelabuhanan, A. Maritim, and N. Cilacap, “Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management),” 2011.
[3] F. T. Suraida, “Perbaikan Performansi SUpply Chain menggunakan Supply Chain Operations Reference 11.0 dengan Analytical Hierarchy Process dan Flectre,” 2016, Accessed: Jan. 22, 2023. [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/227/05.2%20bab%202.pdf?sequence=8&isAllowed=y
[4] L. A. S. Hutabarat, “Analisis Kinerja Rantai Pasok Menggunakan Metode Supply Chain Operation Reference (SCOR) pada Omahoblong Corp,” 19AD.
Published
2020-04-30
How to Cite
[1]
R. Nasution, U. Harahap, J. Suratman, F. Nasution, and A. Pratama, “Analisa Kinerja Supply Chain Manajement Dengan Metode Supply Chain Operation Reference (SCOR) di PT. Sumber Jaya Indahnusa COY”, Jurnal Simetri Rekayasa, vol. 2, no. 1, pp. 133-145, Apr. 2020.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>