Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19)

  • Dara Sawitri Universitas Harapan Medan
Keywords: COVID 19, Phyical distancing, Stay at home, Work from home, Daring, Online, Google meet

Abstract

Di era pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19) menjaga jarak fisik satu sama lain (physical distancing) dan tetap berada didalam rumah (stay at home) adalah cara untuk mencoba membatasi penyebaran COVID-19. Di seluruh dunia jutaan orang telah meninggalkan kantor menyusul instruksi pemerintah agar karyawan bekerja dari rumah. Hal ini dikarenakan orang- orang yang menghabiskan keseharian mereka dikantor dimana ruang bersama dan interaksi tinggi dapat menyebarkan virus apapun yang mereka miliki termasuk virus COVID-19 (jika ditemukan orang positip COVID-19) kepada kolega mereka. Bekerja dari rumah (work from home) adalah suatu pilihan di era pandemi COVID-19. Work from home telah mengubah sistem kerja yaitu melakukan pelayanan kepada public melalui daring (online). Sistem daring (online) dilakukan untuk mengimplementasikan protocol pencegahan COVID-19 yang dikeluarkan oleh pemerintah. Pengunaan google meet merupakan salah satu fitur dari google yang bisa dimanfaatkan untuk work from home saat social distancing untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. Google meet memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video dengan 30 pengguna lainnya per pertemuan. Dengan kata lain, google meet bisa menjadi media alternatif untuk proses belajar mengajar, bersosialisasi dengan rekan kantor atau bahkan melakukan rapat kerja dari dalam rumah (work from home).

Author Biography

Dara Sawitri, Universitas Harapan Medan

Teknik Informatika Universitas Harapan Medan

References

PERDHAKI, On Scribd ( 30 Maret 2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi COVID-19 Bagi Pemerintah Daerah. Pencegahan, Pengendalian, Doagnosis dan manajemen.

Zaenal, A. (2011). Buku Pintar Google. Penerbit Media Kita. Jakarta Internet

Kai.or.id/17297/aplikasi-google-meet-dan- zoom-untuk-video-conferencerepublika.co.id/berita/cara-mengakses- google-meet-melalui-gmail
Published
2020-07-22
How to Cite
Sawitri, D. (2020) “Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19)”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), pp. 13-21. Available at: https://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/161 (Accessed: 17January2022).