PENYULUHAN POTENSI MEDIA INFORMASI DAN INTERNET BAGI PENGEMBANGAN BISNIS UKM DESA BUKIT LAWANG

  • Tommy Tommy Universitas Harapan Medan
  • Ruswan Nurmadi Universitas Harapan Medan
  • Imran Lubis Universitas Harapan Medan
  • Nenna Irsa Syahputri Universitas Harapan Medan
Keywords: Informasi, Internet, Bisnis, UKM

Abstract

Kebergantungan para UKM di desa Bukit Lawang terhadap pengunjung dan wisatawan menyebabkan sulitnya usaha untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya. Jumlah pengunjung yang tidak menentu dan terkesan menurun menyebabkan banyak UKM yang tidak lagi mampu untuk mempertahankan bisnisnya. Absen nya usaha pemasaran ataupun promosi menjadi salah satu penyebab mundurnya UKM di desa Bukit Lawang. Jenis usaha UKM seperti makanan dan jajanan, souvenir dan penginapan yang terdapat di desa Bukit Lawang sangat bergantung kepada pengunjung wisata. Kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan penyuluhan mengenai teknologi media informasi dan internet dalam rangka membuka wawasan para UKM untuk memanfaatkan potensi pemasaran melalui media informasi dan internet. Pengetahuan mengenai internet, layanan media sosial, toko online, virtual payment dan layanan – layanan lainnya dapat memberikan opsi bagi para UKM untuk tidak hanya bertahan namun juga mengembangkan bisnis nya sehingga tidak hanya bergantung pada pengunjung wisata.

Author Biographies

Ruswan Nurmadi, Universitas Harapan Medan

Prodi Teknik Informatika Universitas Harapan Medan

Imran Lubis, Universitas Harapan Medan

Prodi Teknik Informatika Universitas Harapan Medan

Nenna Irsa Syahputri, Universitas Harapan Medan

Prodi Teknik Informatika Universitas Harapan Medan

References

Lubis, T. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, 3(3), 163-174.

Maulida, S., & Yunani, H. (2018). Peluang dan Tantangan Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dari Berbagai Aspek Ekonomi. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, Vol. 2, No. 1, 181-197.

Pradipta, Y. (2018). Penggunaan Internet Sebagai Media Promosi Umkm Harmoni Di Desa Kembangan Baki Sukoharjo. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Suci, Y. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Cano Ekonomos, 6(1), 51-58.

Suprayitno, D. (2018). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Sidoarjo. (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Published
2020-10-09
How to Cite
Tommy, T., Nurmadi, R., Lubis, I. and Syahputri, N. (2020) “PENYULUHAN POTENSI MEDIA INFORMASI DAN INTERNET BAGI PENGEMBANGAN BISNIS UKM DESA BUKIT LAWANG”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), pp. 45-49. Available at: https://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/210 (Accessed: 17January2022).