Pelatihan Pembuatan Database Siswa Menggunakan Sql Server dan Microsost Access di SMK Negeri 1 Beringin Medan

  • Elida Tuti Siregar Universitas Potensi Utama Medan
  • Ommi Alfina Universitas Potensi Utama Medan
Keywords: SMK Negeri 1 Beringin, Database, Ms.Acess, Sql Server

Abstract

SMK Negeri 1 Beringin  Medan   adalah salah satu SMK Negeri  yang ada di kota Medan. Salah satu kejuruan yang ada pada SMK Negeri 1 Beringan adalah Multimedia dan Teknik Komputer Jaringan yang merupakan pembagian dari jurusan komputer. Dalam kurikulumnya SMK ini mengajarkan mata pelajaran komputer. Dengan kemajuan teknologi hampir semua  orang sudah memiliki komputer sendiri. Sehingga banyak sekolah mulai menjadikan pembelajaran komputer sebagai salah satu mata pelajaran atau jurusan yang diajarkan pada sekolah tersebut. Misalnya mengolah database dengan Microsoft Access dan SQL Server 2010. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Potensi Utama yang bertanggung jawab mengembangkan dan menyebarluaskaan ilmu pengetahuan teknologi dan atau kesenian, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan Nasional. Melalui pelatihan kepada para siswa SMK Negeri 1Beringin diharapkan mereka dapat mengelola database siswa menggunakan Microsoft Access dan SQL Server 2010  untuk berbagai kepentingan atau sebagai penunjang  dalam pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Elida Tuti Siregar, Universitas Potensi Utama Medan

Prodi Sistem Informasi Universitas Potensi Utama Medan

Ommi Alfina, Universitas Potensi Utama Medan

Prodi Sistem Informasi Universitas Potensi Utama Medan

References

Ayuningtyas. 2011. Materi Kuliah Komputer III: “ Microsoft Outlook” Pdf file. Dewi, Irra Chrisyanti, S.Pd., M.SM. 2011

Abdul Kadir, 2010, “Database Access”, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta. ... Seri Penuntun Praktik Microsoft Access 2007.

Budi, Permana., Seri Pelajaran Komputer “ Microsoft Access” , PT. Elex Media. Komputindo, Gramedia, Jakarta, 2004.
Solihin, Achmad, 2010. SQL 5 Dari Pemula Hingga Mahir. Achmatim.net, Jakarta
Komputer, Wahana, 2013. SQL Server 2008 Express. Yogyakarta:Andi
Published
2020-10-09
How to Cite
Siregar, E. and Alfina, O. (2020) “Pelatihan Pembuatan Database Siswa Menggunakan Sql Server dan Microsost Access di SMK Negeri 1 Beringin Medan”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), pp. 50-54. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v2i01.211.