Mahir Menggunakan Aplikasi Paket Niaga Sebagai Solusi Pembelajaran Di Era Pandemi

  • Arief Budiman Universitas Harapan Medan
  • Yuyun Dwi Lestari Universitas Harapan Medan
  • Adidtya Perdana Universitas Harapan Medan
  • Andi Marwan El Hanafi Universitas Harapan Medan
  • Yessi Fitri Annisa Lubis Universitas Harapan Medan
Keywords: Aplikasi Perkantoran, Word, Excel, Power Point

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi pada zaman disaat sekarang ini sangat begitu pesat.  Pesatnya perkembangan teknologi informasi tersebut membuat kita harus selalu mengasah ilmu dan kemampuan agar kita tidak ketinggalan oleh ilmu teknologi informasi yang selalu berkembang tersebut. Penggunaan komputer merupakan hal yang bisa dimanfaatkan untuk memulai pengetahuan kita terhadap teknologi informasi. Salah satu ilmu yang bisa dijadikan sebagai modal kita untuk memahami dasar penggunaan komputer adalah dengan menguasai aplikasi paket niaga, dalam hal ini berupa aplikasi paket perkantoran. Kegiatan ini dilaksanakan di Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat khususnya terhadap pemuda-pemudi di komunitas Bukit Lawang Care. Komunitas pemuda-pemudi tersebut sangat menginginkan sekali adanya kegiatan seperti pembelajaran aplikasi komputer karena masih banyak diantara mereka yang belum bisa untuk menguasai aplikasi perkantoran tersebut. Adapun materi dari aplikasi perkantoran yang dibahas adalah aplikasi dari MS Office, yakni MS Word, untuk membuat format tulisan, MS Excel, untuk membuat perhitungan, dan MS Power Point, untuk Persentase. Metode yang dilakukan pada kegiatan ini adalah ceramah dan praktik. Hasil dari kegiatan ini adalah mereka dapat menguasi penggunaan dari MS Word, untuk membuat sebuah tulisan dengan format tulisan yang berbeda-beda, MS Excel, untuk membuat perhitungan dari beberapa data yang digunakan, serta MS Power Point, untuk membuat sebuah persentasi sederhana dari materi yang sudah di bagikan untuk masing-masing kelompok. Sehingga, walaupun di era pandemi ini masih minim kegiatan disana, komunitas bukit lawang care mungkin akan terbantu dalam memanajemen kegiatan di hari-hari kedepan setelah pandemi usai nanti.

Author Biographies

Arief Budiman, Universitas Harapan Medan

Prodi Teknik Informatika Universitas Harapan Medan

Yuyun Dwi Lestari, Universitas Harapan Medan

Prodi Teknik Informatika Universitas Harapan Medan

Adidtya Perdana, Universitas Harapan Medan

Prodi Teknik Informatika Universitas Harapan Medan

Andi Marwan El Hanafi, Universitas Harapan Medan

Prodi Teknik Informatika Universitas Harapan Medan

Yessi Fitri Annisa Lubis, Universitas Harapan Medan

Prodi Teknik Informatika Universitas Harapan Medan

References

Mawar, 2020, Fitur Dan Fungsi Perangkat Lunak Aplikasi Perkantoran (2020). https://desktopwallpaperu.xyz/ (diakses 9 Oktober 2020)
Syahrizal, Muhammad, Mahir dan Professional MS Office Edisi Online Versi 1.0. https://anyflip.com/pfnd/jxpf/basic/ (diakses 27 September 2020)
Zakky, 2020. Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Secara Umum. https://www.zonareferensi.com/pengertian-pembelajaran/ ( diakses 9 Oktober 2020)
Published
2020-10-12
How to Cite
Budiman, A., Lestari, Y., Perdana, A., Hanafi, A. and Lubis, Y. (2020) “Mahir Menggunakan Aplikasi Paket Niaga Sebagai Solusi Pembelajaran Di Era Pandemi”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), pp. 10-14. Available at: https://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/215 (Accessed: 13August2022).