Memotivasi Kemauan Berpidato Bahasa Indonesia Kepada Siswa-siswi Kelas X SMA Nurul Hasanah

  • Zainab MZ Universitas Harapan Medan
  • Emmy Erwina Universitas Harapan Medan
  • Aflina Aflina Universitas Harapan Medan
  • Arifuddin Arifuddin Universitas Harapan Medan
Keywords: public speaking, pendekatan kualitatif, terampil

Abstract

Dalam dunia pendidikan, berpidato di depan umum (public speaking) atau presentasi bukanlah hal baru. Di dalam kehidupan manusia kemampuan berpidato merupakan suatu hal yang penting. Banyak orang yang berhasil dalam hidupnya mempunyai kemampuan berbicara di depan orang banyak, di samping kemampuan lain. Pada saat berpidato sudah dapat dipastikan akan terjadi hubungan antara pembicara dengan pendengar. Oleh sebab itu, orang yang berpidato (pembicara) harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar tercapai apa yang diharapkan. Kemampuan berpidato atau berbicara di depan public harus mempunyai pengetahuan yang cukup, keberanian, dan ketebalan mental yang kuat dengan memahami teknik dan pedoman berpidato serta melatih diri dengan serius. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, siswa siswi dilatih keberaniannya untuk dapat menampilkan pidatonya di depan forum. Hasil capaian yang diharapkan dalam pengabdian ini, siswa-siswi kelas X SMA Nurul Hasanah Medan termotivasi kemauannya untuk dapat berbicara dan menyampaikan pidatonya di depan kelas maupun di depan umum dalam situasi formal maupun informal, dengan nilai rasa yang baik, santun, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara terampil.

References

Arifin, E. Zaenal. (2006). Dasar-dasar Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: PT. Grasindo
Broto Wijaya. (2002). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Akademika Pressindo
Mahsun, M. S. (2010). Geneolinguistik: Kolaborasi Linguistik dengan Genetika dalam Pengelompokan Bahasa dan Populasi Penuturnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Moleong, Lexy, J. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyono, Dedi. 2003. Ilmu Komunikasi. Bandung: Rosda Karya
Rahardi, Kunjana. (2003). Berkenalan Dengan Ilmu Bahasa Pragmatik. Malang: Dioma
Seleksi Bahasa Indonesia. (1980). Karangan Ilmiah. Pidato dan Diskusi, ITB Bandung
Published
2020-10-14
How to Cite
MZ, Z., Erwina, E., Aflina, A. and Arifuddin, A. (2020) “Memotivasi Kemauan Berpidato Bahasa Indonesia Kepada Siswa-siswi Kelas X SMA Nurul Hasanah”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), pp. 15-20. Available at: https://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/217 (Accessed: 18January2022).