Model Efektif Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

  • Risko Liza Universitas Harapan Medan
  • Sayuti Rahman Universitas Harapan Medan
  • Arnes Sembiring Universitas Harapan Medan
  • Tengku Mhd Diansyah Universitas Harapan Medan
  • Haida Dafitri Universitas Harapan Medan
Keywords: Pembelajaran Daring, Classrom, GoogleMeet, Youtube

Abstract

Meningkatnya jumlah pasien covid-19 di dunia, khususnya di Indonesia, menyebabkan perubahan kebijakan di Indonsia. Pandemi covid-19 juga menyebabkan sistem belajar mengajar di Indonesia berubah dari luring menjadi daring. Di perguruan tinggi, perubahan ini menimbulkan beberapa kendala dalam melakukan adaptasi baik dari dosen maupun perserta didik yakni mahasiswa. Untuk itu perlu ada pelatihan dan pembelajaran serta diskusi mengenai problematika ini. Sehingga tercapai tujuan belajar mengajar yang semestinya. Fakultas Syariah dan Hukum UINSU mengundang tim pengabdian masyarakat dari Prodi Teknik Informatika UNHAR sebagai narasumber serta memberi solusi dalam kegiatan belajar dimasa pandemi. Kami dari tim pengabdian masyarakat menyajikan solusi diantaranya tentang komunikasi yang baik melalui media ajar, meninjau keaktifan mahasiswa serta memberi pemahaman dalam penggunaan aplikasi yang disediakan oleh Google seperti Classroom, email, youtube, Drive, Meet daln lain sebagainya susai perkembangan dalam diskusi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Risko Liza, Universitas Harapan Medan

Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer, Universitas Harapan Medan

Sayuti Rahman, Universitas Harapan Medan

Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer, Universitas Harapan Medan

Arnes Sembiring, Universitas Harapan Medan

Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer, Universitas Harapan Medan

Tengku Mhd Diansyah, Universitas Harapan Medan

Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer, Universitas Harapan Medan

Haida Dafitri, Universitas Harapan Medan

Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer, Universitas Harapan Medan

References

Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 1(1).
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.
Mulawarman, W. G. (2020). Persoalan Dosen dan Mahasiswa Masa Pandemik Covid 19: Dari Gagap Teknologi Hingga Mengeluh Boros Paket Data. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 37–46.
Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. ’ADALAH, 4(1).
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.
Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19).
Yazdi, M. (2012). E-learning Sebagai Media Pembelajaran InteraktifBerbasis Teknologi Informasi. FORISTEK: Forum Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, 2(1).
Zheng, Y.-Y., Ma, Y.-T., Zhang, J.-Y., & Xie, X. (2020). COVID-19 and the cardiovascular system. Nature Reviews Cardiology, 17(5), 259–260.
Published
2021-07-19
How to Cite
Liza, R., Rahman, S., Sembiring, A., Diansyah, T. and Dafitri, H. (2021) “Model Efektif Pembelajaran Daring di Masa Pandemi”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(01), pp. 1-6. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v3i01.371.

Most read articles by the same author(s)