Pelatihan Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web di SMK Dwi Tunggal 2 Tanjung Morawa

  • Putri Harliana Universitas Harapan Medan
  • Nenna Irsa Syahputri Universitas Harapan Medan
  • Rosyidah Siregar Universitas Harapan Medan
  • Herlina Harahap Universitas Harapan Medan
  • Yessi Fitri Annisah Lubis Universitas Harapan Medan
Keywords: Perpustakaan, Sistem Informasi, Website

Abstract

Pada era digital sekarang ini sistem administrasi yang masih menggunakan cara konviensional (manual) sangat ketinggalan. Terlebih dalam hal sistem administrasi perpustakaan sebagai penyedia layanan informasi dimana cara konvensional merupakan cara yang tidak efisien dan memakan banyak biaya. Tuntutan akan tersedianya layanan informasi perpustakaan yang cepat, tepat dan akurat menjadi alasan mengapa perlunya diterapkan sistem informasi di perpustakaan berbasis web. Kemudahan pengelolaan dan kecepatan transaksi seperti peminjaman dan pengembalian buku di perpustakaan adalah alasan pendukung lainnya. Untuk mendukung alasan-alasan tersebut, penggunaan sistem informasi perpustakaan berbasis web nampaknya telah menjadi suatu keharusan agar tidak terjadi kesalahan, seperti judul buku yang sudah dipinjam namun belum tercatat. Juga tanggal dan hari dimana buku dipinjam atau dikembalikan terjadi penggandaan. Dan sebagai upaya memadukan prosedur manual dan elektronik sebuah kombinasi antara sistem kerja manusia dan mesin. Dengan adanya sistem informasi perpustakaan berbasis web, siswa-siswi SMK Dwi Tunggal 2 diharapkan memiliki minat membaca yang lebih tinggi karena proses peminjaman buku di perpustakaan lebih mudah dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Putri Harliana, Universitas Harapan Medan

Teknik Informatika - Universitas Harapan Medan

Nenna Irsa Syahputri, Universitas Harapan Medan

Teknik Informatika - Universitas Harapan Medan

Rosyidah Siregar, Universitas Harapan Medan

Teknik Informatika - Universitas Harapan Medan

Herlina Harahap, Universitas Harapan Medan

Teknik Informatika - Universitas Harapan Medan

Yessi Fitri Annisah Lubis, Universitas Harapan Medan

Teknik Informatika - Universitas Harapan Medan

References

Lesmono, Dudut dan Samopa, Febriliyan. 2005. Perancangan Dan Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Dengan Menggunakan Asp Dan Sql Server.

Sukmawati, Maya. July 2014.”Pengembangan Pengelolaan Perpustakaan Digital di Jurusan Teknologi Pendidikan”. Skripsi. Malang: Fakultas Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Pratidina, Ika Nur. 2013. Sitem Informasi Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Pertama Negeri Dua Karang Anyar. Seruni-Seminar Riset Unggulan Nasional Informastika dan Komputer FTI UNSA.

Sularsih, Sri. 2013. “Masyarakat yang Terbiasa Membaca”. Harian Nasional, 17 September 2013.
Published
2021-07-22
How to Cite
Harliana, P., Syahputri, N., Siregar, R., Harahap, H. and Lubis, Y. (2021) “Pelatihan Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web di SMK Dwi Tunggal 2 Tanjung Morawa”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(01), pp. 15-20. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v3i01.375.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>