Penanaman Bibit Mangrove dan Penyuluhan Penting nya Budidaya mangrove di Daerah Pesisir (Kel. Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan)

  • Ruswan Nurmadi Universitas Harapan Medan
  • Andi Marwan Elhanafi Universitas Harapan Medan
  • Imran Lubis Universitas Harapan Medan
  • Tommy Tommy Universitas Harapan Medan
  • Rosyidah Siregar Universitas Harapan Medan
Keywords: Ekosistem mangrove, Nelayan, Kota Medan

Abstract

Ekosistem mangrove telah ada dikenal lama memiliki banyak fungsi dan merupakan penghubung penting dalam menjaga keseimbangan biologis di ekosistem pesisir. Ekosistem hutan bakau merupakan habitat penting bagi organisme laut. Hutan mangrove sebagai salah satu ekosistem wilayah pesisir dan lauatan sangat potensial bagi kesejahteraan masyarakat baik dari segi ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup. Ekosistem mangrove di kelurahan Nelayan Indah sekarang ini dalam keadaan kritis ketersediaannya. Hal ini disebabkan adanya degradasi hutan mangrove akibat penebangan yang melampaui batas kemampuan kelestariannya. Kegiatan penanaman mangrove di kelurahan Nelayan Indah Kota Medan, sebagai upaya untuk rehabilitasi kawasan setelah banjir rob, tergolong berhasil. Keberhasilan kegiatan penanaman mangrove, tidak hanya tergantung pada pemilihan jenis mangrove yang akan ditanam tetapi juga pemilihan lokasi penanaman harus sesuai bagi pertumbuhan mangrove.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ruswan Nurmadi, Universitas Harapan Medan

Fakultas Ekonomi & Bisnis, Akuntansi, UnHar Medan

Andi Marwan Elhanafi, Universitas Harapan Medan

Fakultas Teknik & Komputer, Teknik Informatika, UnHar Medan, Medan, Indonesia

Imran Lubis, Universitas Harapan Medan

Fakultas Teknik & Komputer, Teknik Informatika, UnHar Medan

Tommy Tommy, Universitas Harapan Medan

Fakultas Teknik & Komputer, Teknik Informatika, UnHar Medan

Rosyidah Siregar, Universitas Harapan Medan

Fakultas Teknik & Komputer, Teknik Informatika, UnHar Medan

References

Majid, I., Mimien, H. I., Fachur, R., Istamar, S. 2016, Konservasi Hutan Mangrove di Pesisir Pantai Kota Ternate Terintegrasi dengan Kurikulum Sekolah, Jurnal BIOEDUKASI, 488-496.
Pramudji, 2001, Ekosistem Hutan Mangrove Dan Peranannya Sebagai Habitat Berbagai Fauna Akuatik. Balai Litbang Biologi Laut. Puslit Oseanografi-LIPI, Jurnal Oseana, No. 4, Vol. XXVI, 13-23.
Prihadi, D, J., Riyantinin, I., Ismail, M, R, 2018, Pengelolaan Kondisi Ekosistem Mangrove Dan Daya Dukung Lingkungan Kawasan Wisata Bahari Mangrove Di Karangsong Indramayu. Jurnal Kelautan. No.1, Vol. 13, 53-64.
Effendi, R., Salsabila, H., Malik, A, 2018, Pemahaman Tentang Lingkungan Berkelanjutan, jurnal MODUL, No. 2, Vol. 18, 75-82.
Published
2021-07-22
How to Cite
Nurmadi, R., Elhanafi, A., Lubis, I., Tommy, T. and Siregar, R. (2021) “Penanaman Bibit Mangrove dan Penyuluhan Penting nya Budidaya mangrove di Daerah Pesisir (Kel. Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan)”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(01), pp. 21-27. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v3i01.376.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>