Implementasi Pemasangan Tutup Botol Otomatis Berbasis Arduino pada Usaha Susu Kedelai Sari Nabati Desa Penatih Denpasar

  • I Wayan Sudiarsa STMIK STIKOM Indonesia
  • A. A. Gde Ekayana STMIK STIKOM Indonesia
  • Dewa Putu Yudhi Ardiana STMIK STIKOM Indonesia
  • I P.Fajar Adi Pradipta STMIK STIKOM Indonesia
Keywords: tutup botol otomatis, arduino

Abstract

Sari Nabati merupakan nama dari bisnis yang bergerak di bidang pengolahan kedelai yang memanfaatkan kacang kedelai sehingga menghasilkan susu kedelai dengan cita rasa asli yang berloakasi di desa Penatik Kota Madya Denpasar Bali. Dalam proses pembuatan susu kedelai saya hanya menggunakan teknologi dan peralatan yang sederhana. Susu kedelai yang dibuat tanpa bahan pengawet dan bisa bertahan selama 5-6 jam, jika disimpan di lemari es atau pendingin bisa bertahan  hingga 2 hari. Susu kedelai dikemas dalam botol 330 ml dan 600 ml dengan rasa original. Dalam proses pengisian dan  penutupan botol susu kedelai masih menggunakan cara manual. Implementasi Pemasangan tutup botol otomatis berbasis Arduino dilakukan dengan tahapan perancangan, pembuartan komponen, perakitan pengujian dan implementasi. Dari hasil implementasi alat pemasangan tutup botol otomatis di sari nabati di dapatkan bahwa kecepatan pemasangan perbotol dapat di tingkatkan dan jumlah tenaga kerja yang dipergunakan juga berkurang dari 3 orang menjadi 1 orang dan pengurangan waktu produksi sebanyak 70 detik. Dengan berkurangnya junlah tenaga kerja yang terlibat dalam pemasangan tutup botol, maka efisiensi bisa dilakukan dengan mengerahkan tenaga kerja ke bagian produksi dan pengisian, sehingga proses produksi menjadi lebih singkat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Airlangga, F. G., Triwiyatno, A., Dkk. 2017. "Perancangan Sistem Automasi Pada Pengemasan Susu Dalam Botol Dengan Programmable Logic Controller ( Plc ) Omron Cp1e Terhadap Purwarupa Filling Bottle And Capping Machine". Transient, 6(1), 103–109.
Rumalutur, S., Dan Allo, S. L. 2019. "Sistem Kontrol Otomatis Pengisian Cairan Dan Penutup Botol Menggunakan Arduino Uno Rev 1.3". Electro Luceat, 5(1), 23–34. Https://Doi.Org/10.32531/Jelekn.V5i1.129.
Sudiarsa, I W. dan Wiraditya. 2020. "ANALISIS USABILITY PADA APLIKASI PEDULI LINDUNGI SEBAGAI APLIKASI INFORMASI DAN TRACKING COVID-19 DENGAN HEURISTIC EVALUATION". Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS) Volume 3 Nomor 2, Desember 2020
Triana, E. 2017. "Aplikasi Mesin Pengisian Dan Penutup Botol Otomatis Beserta Pengemasannya Menggunakan Dua Konveyor Pada Industri Rumah Tangga".
Published
2021-09-27
How to Cite
Sudiarsa, I., Ekayana, A. A., Ardiana, D. P. and Pradipta, I. (2021) “Implementasi Pemasangan Tutup Botol Otomatis Berbasis Arduino pada Usaha Susu Kedelai Sari Nabati Desa Penatih Denpasar”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02), pp. 51-58. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v3i02.392.