Optimalisasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Secara Online

  • Ihsan Lubis Universitas Harapan Medan
  • Husni Lubis Universitas Harapan Medan
  • Ahmad Zakir Universitas Harapan Medan
  • Fatma Wani Silitonga Universitas Harapan Medan
Keywords: Covid-19, PPKM, Mitra, papan bunga

Abstract

Penyebaran Virus Covid-19 hingga Agustus 2021 masih terus bertambah. Berbagai cara dilakukan pemerintah untuk menekan penyebaran virus tersebut. Diantaranya Pemberlakuan  Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).Dengan dilakukannya PPKM tersebut dari sisi kesehatan berdampak baik dengan menurunnya penyebaran tersebut, namun disisi ekonomi dengan pembatasan tersebut menyebabkan terbatasnya pemasaran produk tersebut. UMKM adalah salah satu usaha yang terkena dampak dari pembatasan tersebut. Mitra PKM merupakan penyedia karangan papan bunga sebelum pandemi  pemesanan papan bunga masih secara manual dengan mendatangi toko. Dengan PPKM menyebabkan pemasaran terhambat. Website merupakan salah satu media untuk membantu pelaku usaha untuk memasarkan produk. Dengan adanya website diharapkan pemasaran papan bunga oleh mitra dapat lebih luas jangkauannya tidak hanya sebatas daerah toko tapi juga dapat keberbagai daerah lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dinnullah, R. N. I. (2019). Manajemen Pemasaran Berbasis Online Bagi Usaha Rumahan Susu Kedelai. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 8. https://doi.org/10.24269/adi.v3i1.856
Gani, A. A., & Basalamah, J. (2019). SOCIAL MEDIA SEBAGAI STRATEGIMARKETING PADA USAHA MIKRO KECIL DI DESA SANROBONE KABUPATEN TAKALAR. Jurnal Pengabdian Bina Ukhuwah, 1(2).
Handayani, S. I., Eliza, & Khaswarina, S. (2015). STRATEGI PEMASARAN USAHA BUNGA PAPAN DI KOTA PEKANBARU (Studi Kasus pada Usaha Bunga Papan Valentine Florist) FLORIST. 2(2).
Pratiwi, S. A., Sukarsa, I. M., & Purnawan, I. K. A. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pemesanan Bunga Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), 2(2), 205–214.
Sasongko, D., Yuliawati, P. M., Nurhidayah, R., Utomo, R. G., Setyawan, A., & Suciati, K. (2021). Pengembangan Pemasaran UMKM Asih Di Kabupaten Magelang Dengan Memanfaatkan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 7(1), 68–73. https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i1.3943
Utami, R., Meilani, B. D., & Arifianti, A. A. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Pemasaran Online Untuk Peningkatan Kapasitas Penjualan Industri Rumahan Produk Kreatif. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 30–34. https://doi.org/10.30996/jpm17.v4i1.1993
Published
2021-09-27
How to Cite
Lubis, I., Lubis, H., Zakir, A. and Silitonga, F. (2021) “Optimalisasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Secara Online”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02), pp. 78-84. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v3i02.417.