SOFT SKILL DI ERA DIGITAL DALAM WEBINAR SERIES 2021 LKPKHA UNHAR MEDAN

  • Imran Lubis Universitas Harapan Medan
  • Ruswan Nurmadi Fakultas Ekonomi & Bisnis, Akuntansi, UnHar Medan, Medan, Indonesia
  • Andi Marwan Elhanafi Fakultas Teknik & Komputer, Teknik Informatika, UnHar Medan, Medan, Indonesia
  • Tommy Tommy Fakultas Teknik & Komputer, Teknik Informatika, UnHar Medan, Medan, Indonesia
  • Rosyidah Siregar Fakultas Teknik & Komputer, Teknik Informatika, UnHar Medan, Medan, Indonesia

Abstract

Kehadiran teknologi memungkinkan adanya otomasi di berbagai pekerjaan rutin yang menggantikan manusia. Namun, satu hal yang tidak bisa digantikan dengan mesin dan teknologi, yaitu kemampuan individu untuk berhubungan dengan orang lain, memahami, membangun dan membina hubungan. Oleh karena itu pentingnya meningkatkan kompetensi di dalam menghadapi perubahan zaman seperti sekarang ini.         

Kebutuhan inovasi dalam era digital dan industri 4.0 yang paling dibutuhkan adalah soft skill. Soft skill lebih mengarah kepada emosi serta wawasan dalam memperlakukan orang lain. Kemampuan seperti komunikasi, negosiasi, membina hubungan interpersonal dan pemahaman emotional intelligence yang dimiliki seorang profesional memiliki kesempatan yang jauh lebih besar untuk dipromosikan sebagai pemimpin dibandingkan profesional yang hanya memiliki keterampilan teknis.

Kata Kunci : Era Digital, Kompetensi, Soft Skill, Teknologi

References

Gotama. P. A. P. (2018). Soft Skill dalam Dunia Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Lampuhyan, 9(2), 26-39.

Lie, N. L. C., Darmasetiawan, N, K (2017). Pengaruh Soft Skill Terhadap Kesiapan Kerja Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN Pada Mahasiswa S1 Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya. Calyptra, 6(2), 1496-1514.

Perdana, A. K. (2019). Generasi Milenial dan Strategi Pengelolaan SDM Era Digital. Jurnal Studi Pemuda, 8(1), 75-80.

Rezky, M, P., Sutarto, J., Prihatin, T., Yulianto, A., Haidar, I. (2019). Generasi Milineal yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital (Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0) di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 1117-1125.

Rohida, L. (2018). Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 Terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 6(1).

Wibowo, U. D. A. (2019). Prophetic Softskills Untuk Bersaing di Era Revolusi Industri 4.0. InSight, 21(1), 30-38.
Published
2022-03-28
How to Cite
Lubis, I., Nurmadi, R., Elhanafi, A., Tommy, T. and Siregar, R. (2022) “SOFT SKILL DI ERA DIGITAL DALAM WEBINAR SERIES 2021 LKPKHA UNHAR MEDAN”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(01), pp. 38-42. Available at: https://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/479 (Accessed: 2July2022).