Pelatihan Manajerial pada Usaha Tenun UD. Datoek Laksamana di Tanjung Pura, Sumatera Utara

  • Budi Dharma Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Jihan Karina Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Keywords: Songket, Service Learning, UMKM, Ekonomi Industri

Abstract

Salah satu produk khas Indonesia dalam bentuk kain adalah songket, yaitu kain songket asal Langkat, Sumatera Utara yang khas dengan adat melayunya yang merupakan produk dari UD. Datoek Laksamana. Industri pakaian / tekstil dalam konsentrasi pasar di Indonesia berada pada kondisi pasar persaingan ketat, sehingga dibutuhkan tindakan atau strategi untuk tetap dapat bersaing di Pasar. Peran serta pengabdian masyarakat salah satunya adalah memberikan rekomendasi dan pelatihan kepada masyarakat yang membutuhkan, dalam hal ini adalah UD. Datoek Laksamana. Pengabdian masyarakat dilakukan dengan pendekatan hasil penilaian terhadap kinerja usaha saat ini dan rekomendasi kebutuhan yang merupakan satu rangkaian dengan perkuliahan dengan mekanisme service learning. Hasil analisis menunjukkan UD. Datoek Laksamana berada pada kuadran II melalui analisis SWOT, sehingga diketahui dibutuhkan pelatihan untuk mengatasi ancaman terhadap keberlangsungan usaha. Pelatihan yang diberikan adalah pelatihan manajerial yaitu dengan pelatihan strategi untuk suksesor PIC dari usaha, pelatihan manajerial terkait peningkatan mutu dan inovasi paroduk, serta bagaimana melakukan penjualan di kanal teknologi seperti marketplace.

References

BPS. (2019). Struktur Pasar Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) di Indonesia . Jakarta: BPS.
CASE. (2022). Knowledge Platform / Practical Cooperation Guide / Service Learning. Retrieved from CASE (competencies for a sustainable socio-economic development): https://www.case-ka.eu/knowledge-platform/cooperation-formats/service-learning.html
Kumbara, A. (2020). Strategi Management Analisis Swot Pada Lucky Textile Group Dalam Menghadapi Persaingan Industri Textile. JEMSI. Volume 1. Issue 5, 470.
Riyanto, E., & Firmansyah. (2020). Analisis Profitabilitas Pada Industri Tekstil Dan Produk Tekstil Di Indonesia. JDEP. Vol.3, No.2, 82.
Safitri, L. (2020). Analisis SWOT Pengembangan Industri Konveksi Perusahaan Kogaya Dalam Menghadapi Barang Import Dari China. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Sistem Informasi.
Siregar, D. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Yanti Ulos Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam.
Siregar, R., & Lubis, I. (2015). Analisis Structure, Conduct, Dan Performance (SCP) Industri Tekstil Dan Produk Tekstil Di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 162.
Published
2022-03-28
How to Cite
Dharma, B. and Putri, J. (2022) “Pelatihan Manajerial pada Usaha Tenun UD. Datoek Laksamana di Tanjung Pura, Sumatera Utara”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(01), pp. 1-5. Available at: https://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/483 (Accessed: 2July2022).