Pelatihan Pemasaran Digital Usaha Budidaya Ikan Nila Dalam Kolam Terpal di Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan
Abstract
Perkembangan teknologi dan komunikasi banyak mendorong para pelaku usaha untuk memanfaatkannya dalam bidang usahanya. Usaha Budidaya Ikan Nila memiliki komitmen untuk meningkatkan hasil melalui perbaikan metode budidaya dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Dampak komitmen tersebut nantinya akan mendukung pelaku usaha merealisasikan program-programnya terkait dengan pencapaian rencana produksi dan pemenuhan kebutuhan kepada masyarakat dengan mudah. Sudah saatnya pelaku usaha mendapatkan dan meningkatkan keterampilan yang berkaitan dengan pemasaran digital melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Dalam hal ini bisa dilakukan dengan peningkatan kompetensi dalam bidang promosi yaitu dengan memanfaatkan aplikasi pemasaran digital melaui email, website atau iklan. Dampaknya lembaga akan mudah mengendalikan aktivitas pemasarannya. Metode dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam bentuk pelatihan kepada para pelaku usaha budidaya ikan nila dalam kolam terpal di Kabupaten Banyuasin. Berdasarkan kuesioner yang disebarkan setelah pelatihan dilaksanakan, materi yang disampaikan dalam pelatihan sangat sesuai dengan kebutuhan para peserta pelatihan dan berdampak pada keinginan para peserta untuk menerapkan pelatihan tersebut dalam pemasaran hasil peternakan kepada masyarakat.
Kata kunci:Teknologi Informasi, PemasaranDigital, Budidaya Ikan Nila
Downloads
References
Adam, Muhammad. 2015, Manajemen Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.
Brigham, E. F dan Houston, J. F. 2013, Manajemen Keuangan, Edisi 11, Diterjemahkan oleh Ali Akbar Yulianto, Salemba Empat, Jakarta.
Kasmir dan Jakfar. 2012, Studi Kelayakan Bisnis, Edisi Revisi, Kencana, Jakarta.
Kotler, P dan Armstrong, G. 2012, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Lupiyoado, Rambat. 2013, Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3), Salemba Empat, Jakarta.
Morelli, N. 2015. Challenges in designing and scaling up community services. Design Journal, No.18, Vol2, 269–290. https://doi.org/10.2752/175630615X14212498964394.
Sekaran, U., Bougie. 2017, Metode Penelitian untuk Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.
Suliyanto. 2010, Studi Kelayakan Bisnis Pendekatan Praktis, ANDI, Yogyakarta.