Pelatihan Pemasaran Digital Usaha Budidaya Ikan Nila Dalam Kolam Terpal Di Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan

  • Nyimas Artina Universitas Multi Data Palembang
  • Dafid Dafid Universitas Multi Data Palembang
  • Daniel Udjulawa Universitas Multi Data Palembang
Keywords: Teknologi Informasi, PemasaranDigital, Budidaya Ikan Nila

Abstract

Perkembangan teknologi dan komunikasi banyak mendorong para pelaku usaha untuk memanfaatkannya dalam bidang usahanya. Usaha Budidaya Ikan Nila memiliki komitmen untuk meningkatkan hasil melalui perbaikan metode budidaya dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Dampak komitmen tersebut nantinya akan mendukung pelaku usaha merealisasikan program-programnya terkait dengan pencapaian rencana produksi dan pemenuhan kebutuhan kepada masyarakat dengan mudah. Sudah saatnya pelaku usaha mendapatkan dan meningkatkan keterampilan yang berkaitan dengan pemasaran digital melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Dalam hal ini bisa dilakukan dengan peningkatan kompetensi dalam bidang promosi yaitu dengan memanfaatkan aplikasi pemasaran digital melaui email, website atau iklan. Dampaknya lembaga akan mudah mengendalikan aktivitas pemasarannya. Metode dalam kegiatan  pengabdian  kepada  masyarakat  ini  dilakukan  dalam  bentuk  pelatihan kepada para pelaku usaha budidaya ikan nila dalam kolam terpal di Kabupaten Banyuasin. Berdasarkan kuesioner yang disebarkan setelah pelatihan dilaksanakan, materi  yang disampaikan dalam pelatihan sangat sesuai dengan kebutuhan para peserta pelatihan dan  berdampak pada keinginan para peserta untuk menerapkan pelatihan tersebut dalam pemasaran hasil peternakan kepada masyarakat.

Kata kunci:Teknologi Informasi, PemasaranDigital, Budidaya Ikan Nila

References

Alma, Buchari. 2017, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Adam, Muhammad. 2015, Manajemen Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.
Brigham, E. F dan Houston, J. F. 2013, Manajemen Keuangan, Edisi 11, Diterjemahkan oleh Ali Akbar Yulianto, Salemba Empat, Jakarta.
Kasmir dan Jakfar. 2012, Studi Kelayakan Bisnis, Edisi Revisi, Kencana, Jakarta.
Kotler, P dan Armstrong, G. 2012, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Lupiyoado, Rambat. 2013, Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3), Salemba Empat, Jakarta.
Morelli, N. 2015. Challenges in designing and scaling up community services. Design Journal, No.18, Vol2, 269–290. https://doi.org/10.2752/175630615X14212498964394.
Sekaran, U., Bougie. 2017, Metode Penelitian untuk Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.
Suliyanto. 2010, Studi Kelayakan Bisnis Pendekatan Praktis, ANDI, Yogyakarta.
Published
2022-03-28
How to Cite
Artina, N., Dafid, D. and Udjulawa, D. (2022) “Pelatihan Pemasaran Digital Usaha Budidaya Ikan Nila Dalam Kolam Terpal Di Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(01), pp. 43-49. Available at: https://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/510 (Accessed: 2July2022).