Pemberian Tempat Sampah Berbasis Arduino ke Kantor Perhubungan Jl. Pinang Baris Medan

Pemberian tempat sampah berbasis arduino ke kantor Perhubungan Jl. Pinang Baris Medan

  • Ahmad Yanie Universitas Harapan Medan
  • Indra Cahaya T Siahaan Universitas Harapan Medan
  • Roberto Sinaga Universitas Harapan Medan
  • Paska Sanjaya Marbun Universitas Harapan Medan
  • Muhammad Rizki Universitas Harapan Medan
  • Muhammad Asyraf Universitas Harapan Medan
Keywords: Pemberian,Tempat Sampah,Pintar

Abstract

 

 Abstrak

Perancangan ini adalah  perancangan modifikasi atau rekayasa yang bertujuan untuk memodifikasi tempat sampah biasa menjadi tempat sampah otomatis dengan menggunakan arduino, untuk mempermudah masyarakat buang sampah. Teknik analisis data yang digunakan pada perancangan  ini adalah teknik analisis data kuantitatif dengan statistic deskriptif, sehingga pengujian pada penelitian ini hanya sebatas pada uji coba alat. Dengan demikian maka data yang disajikan dalam penelitian ini adalah bentuk data rasio yang diperoleh dari hasil uji coba. Proses pembuatan alat terdiri dari 3 tahapan diantaranya pembuatan komponen mekanik, komponen sistem kontrol dan tahap finalisasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa tempat sampah otomatis menggunakan arduino yang dimodifikasi berfungsi dengan baik. Tempat sampah berkapasitas 10kg. Dengan ketinggian wadah 60cm lebar 30cm. Dan untuk mendukung hidup sehat dan lingkungan yang bersih, maka tempat sampah ini akan dihibahkan ke kantor dinas perhubungan kota medan yang terletak di Jl.Pinang Baris No.114A. Hal itu tidak lupa juga dengan menggunakan Arduino Uno R3 dengan chip ATMega 328p sebagai alat untuk memproses data dan sebagai mengirim data juga menggunakan software Arduino [1].  

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Francisco, A. R. L. (2013). Ide Arduino. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699. Di akses pada tanggal 13 November 2022.
[2] Mohammad Mulyadin, R., Ariawan, K., & Iqbal, M. (2018). Conflict of Waste Management in Dki Jakarta and Its Recomended Solutions. Jurnal Analisis Kebijakan Kehutanan , 15(2), 179-191.
[3] Solihati, T.I., Nuraida, I., & Hidayanti, N. (2020). Pemanfaatan Kardus Menjadi Tempat Sampah Pintar Berbasis Arduino UNO R3. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 342-350.
[4] Rifai, B. (2019). “Implementasi Arduino Uno dan Atmega 328P Untuk Perancangan Alat Keamanan Sepeda Motor”. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 2(2), 144-148.
[5] Frima Yudha, P. S., & Sani, R. A. (2019). “Implementasi Sensor Ultrasonic Hc-Sr04 Sebagai Sensor Parkir Mobil Berbasis Arduino”. EINSTEIN E-JOURNAL, 5(3).
How to Cite
Yanie, A., Siahaan, I., Sinaga, R., Marbun, P., Rizki, M. and Asyraf, M. (1) “Pemberian Tempat Sampah Berbasis Arduino ke Kantor Perhubungan Jl. Pinang Baris Medan”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(02), pp. 7-12. Available at: https://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/595 (Accessed: 18April2024).