Pelatihan Penggunaan Aplikasi Edmodo Sebagai Media Pembelajaran Siswa-Siswi di SMA Al-Fityan School Medan
Abstract
Pada metoda pembelajaran Konvensional, hubungan antara pengajar dan peserta didik sangat erat, karena antara pengajar dan peserta didik dapat bertemu dan berkomunikasi secara langsung. Tetapi seiring perkembagan teknologi, media dan sarana pembelajaran pun semakin berkembang, menuntut model dan metode pembelajaran yang lebih inovatif kreatif dimana proses pembelajaran mengarah pada tidak adanya batasan RUANG dan WAKTU. Dengan Metode Konvensional waktu dan tempat pembelajaran sangat terbatas, yang berdampak pada jumlah waktu pertemuan dengan pengajar dan tempat pertemuan yang terbatas, yaitu saat berada di sekolah. Padahal dengan perkembangan teknologi informasi, proses pembelajaran dapat berjalan kapanpun dan dimanapun tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Oleh karena itu perlu metode atau alat untuk memecahkan masalah ini, salah satunya adanya penggunaan aplikasi EDMODO. Edmodo merupakan platform pembelajaran berbasis Learning Management System (LMS) yang aman bagi guru, siswa dan sekolah berbasis sosial media. Edmodo memberi fasilitas bagi guru, murid tempat yang aman untuk berkomunikasi, berkolaborasi, berbagi konten dan aplikasi pembelajaran, pekerjaan rumah (PR) bagi siswa, diskusi dalam kelas virtual, ulangan secara online dan nilai. Hasil dari pengabdian dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan bagi para guru di SMA Al-Fityan School Medan untuk mengoptimalkan fasilitas ICT yang telah ada sebaik mungkin. Bentuk pengoptimalan yang ada ialah para guru mampu membuat media e- learning untuk keperluan proses pembelajaran.
Downloads
References
[2] D. W. Utomo, E. R. Subhiyakto, and L. Umaroh, “Pemanfaatan Media E-Learning Sebagai Pendukung Pembelajaran Bagi Guru – Guru SMP N 30 Semarang,” Abdimasku J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, p. 7, 2019.
[3] M. Khairani, B. Oktaviana, Y. Fitri, and A. Lubis, “Internet Sehat , Hebat , Dilingkungan SMKN 7 Medan,” J. TUNAS, vol. 2, no. 2, pp. 48–54, 2021.
[4] R. Ekayati and M. Arifin, “Edmodo Go Blog,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 24, no. 1, p. 533, 2018.