Sosialisasi Strategi Pemasaran dan Pemberdayaan Produk Kerajinan Batik Khas Wirobiting
Abstract
Abstrak
Batik merupakan suatu ciri khas dari Indonesia, namum tidak semua daerah mengetahui dan memahami mengenai batik. Strategi pemasaran sangat berpengaruh terhadap jalannya suatu usaha. Dengan itu dilakukannya sosialisasi strategi pemasaran dan pemberdayaan produk kerajinan batik khas Wirobiting. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan semangat wirausaha bagi ibu-ibu desa Wirobiting. Metode kegiatan dilakukan dengan menggunakan metode penyuluh (transfer ilmu) dan dengan pendampingan langsung kepada peserta. Hasil dari kegiatan ini yaitu peserta mendapatkan pengetahuan dan motivasi mengenai membatik dan peluang usaha dengan memproduksi batik. Peserta termotivasi untuk membuat usaha dari produksi batik untuk meningkatkan keterampilan dan menambah penghasilan sehari-hari.
Kata kunci: Kerajinan Batik, Strategi Pemasaran
Abstract
Batik is a characteristic of Indonesia, but not all regions know and understand batik. Marketing strategy is very influential on the course of a business. With that, socialization of the marketing strategy and empowerment of Wirobiting batik handicraft products was carried out. This activity was carried out to increase the motivation and spirit of entrepreneurship for the women of the Wirobiting village. The activity method is carried out using the extension method (knowledge transfer) and with direct assistance to the participants. The result of this activity is that participants gain knowledge and motivation about batik and business opportunities by producing batik. Participants are motivated to make a business out of batik production to improve their skills and increase their daily income.
Keywords: Batik Handicraft, Marketing Strategy
Downloads
References
[2] Anggelina, P., & Santiko, G. C. (2021). Analisis Manajemen Pemasaran Adinda Konveksi Selama Pandemi Covid-19.
[3] Friadi, J. (2022). Sosialisasi dan Penyuluhan Strategi Pemasaran Digital Pada UMKM Baby Smart Bubur Bayi Berbasis E-Commerce. Jurnal Pengabdian Barelang, 4(1), 71–77.
[4] Hayatie, M. N., Gautama, M. S., & Sur, W. A. A. (2021). Sosialisasi strategi pemasaran berbasis online pada produk usaha mikro kecil dan menengah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 58–62.
[5] Nita, D., Rambe, S., & Aslami, N. (2021). El-Mujtama : Jurnal Pengabdian Masyarakat El-Mujtama : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(2), 213–222. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i2.853
[6] Puspita, D., Anggraeni, L., Khumaidi, A., & Wati, R. (2023). Sosialisasi Pemasaran Produk Melalui (Internet Marketing) pada UMKM. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 155–160.
[7] Putri, N. H., Sari, N. S., & Rahmah, N. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES RISET KONSUMEN : TARGET PASAR , PERILAKU PEMBELIAN DAN PERMINTAAN PASAR ( LITERATURE REVIEW PERILAKU KONSUMEN ). 3(5), 504–514.
[8] Ramadhanti, A., Wahyuni, S., & Zulianto, M. (2022). PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PEMBERDAYAAN UMKM BATIK DI. 16, 47–52. https://doi.org/10.19184/jpe.v16i1.23452
[9] Vernia, D. M., Widiyarto, S., Narsih, D., & Mubasyira, M. (2019). Sosialisasi Dan Pembekalan Strategi Pemasaran Produk Olahan Pisang Pada Siswa Pondok. 3(2), 125–128.
[10] Wibowo, M. P., Budi, R. S., Napid, S., & Yultisa, N. (2022). SOSIALISASI & PELATIHAN DESAIN POLA BATIK DI KELURAHAN PELAWI UTARA BRANDAN KABUPATEN LANGKAT. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JURPAMMAS), 1(2), 1–6.