PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG PEMANFAATAN GADGET DAN INTERNET SEBAGAI STRATEGI DALAM PEMASARAN UMKM
Abstract
Pada dasarnya UMKM merupakan suatu usaha atau kegiatan usaha yang dilakukan oleh perorangan, kelompok, usaha kecil dan rumah tangga.. UMKM tersebut bergerak dalam bidang industri dan makanan di Desa Jenggot. Namun kegiatan pemasarannya masih sangat terbatas. Oleh karena itu, para pelaku kepentingan UMKM perlu menyadari pentingnya peggunaan pemasaran digital agar dapat meningkatkan sistem pemasarannya untuk memperluas tujuan bisnisnya dan mendukung upaya penjualan yang lebih baik. Data yang dikumpulkan melalui observasi selama kegiatan sosialisasi pemasaran digital. Metode yang digunakan memberikan sosialisasi berupa presentasi dan tutrial penggunaan Lazada, Tokopedia, dan Shopee serta tutorial registrasi produk di Shopee yang dapat digunakan untuk menigkatkan visibilitas dan menjangkau lebih banyak potensi daripada daya konsumsi yang lebih besar. Berdasarkan hasil kegiatan sosialisasi ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan peserta sebesar 15% jika dibandingkan dengan sebelum diberi materi sosialisasi.
Downloads
References
A. P. Wati, J. A. Martha And A. Indrawati, Digital Marketing, Malang: Edulitera, 2019.
A. U. Syukri And A. N. Sunrawali, "Digital Marketing Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah," Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, Vol. 19, No. 1, Pp. 170-182, 2022.
C. C. Priyatna, A. A. Prastowo And F. Syuderajat, "Digital Marketing Untuk Usaha Mikro Kecil Menengah," Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, Vol. 9, Pp. 283 - 288, 2020.
D. K. Keller, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga, 2012.
G. Abdurrahman, H. Oktavianto, E. Y. Habibie And A. W. Hadiyatullah, "Pelatihan Digital Marketing Pada Umkm Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran," Jurnal Pengabdian Masyarakat , Vol. 1, Pp. 88-92, 2020.
P. Trulline, "Pemasaran Produk Umkm Melalui Media Sosial Dan E-Commerce," Pemasaran Produk Umkm Melalui Media Sosial Dan E-Commerce, Vol. 5, Pp. 259-279, 2021.
R. A. Rizki, "Startegi Pemasaran Melalui Digital Marketing Cv. Oase Indonesia Madani," 2022. [Online]. Available: Http://Repository.Unissula.Ac.Id/28093/2/Manajemen_30401800278_Fullpdf.Pdf.
S. F. Widyana And S. R. Batangriyan, "Pengaruh Digital Marketing Terhadap Brand Image Di Pt. Central Global Network," Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, Vol. 10, 2020.
S. Rahman, A. Sembiring, R. Aulia, H. Dafitri And R. Liza, "Pengenalan Chatgpt Untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa-Siswi Di Smk Negeri 1 Pantai Labu," Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 05, 2023.
T. K. Ahsyar, S. And A. , "E-Marketplace Media Pengembangan Promosi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dinas Koperasi Umkm Kota Pekanbaru," Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, Pp. 43-54, 2020.
W. L. Hardilawati, "Strategi Bertahan Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19," Jurnal Akuntansi & Ekonomika, Vol. 10, No. 1, Pp. 90-98, 2020.