PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG PEMANFAATAN GADGET DAN INTERNET SEBAGAI STRATEGI DALAM PEMASARAN UMKM

  • Dewi Perwito Sari Program Studi Farmasi, Fakultas Sains dan Kesehatan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Erika Jihan Shalsa Billa Program Studi Manajemen, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Maharani Rosyelina Cindy Program Studi Manajemen, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Yohana Eka Cristanti Program Studi Manajemen, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Irma Meilawati Program Studi Manajemen, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Dhea Ika Nur Fadilah Program Studi Manajemen, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Adinda Saputri Program Studi Manajemen, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Nanda Yunita Hidayat Program Studi PVKK Tata Rias, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Nadhifa Bastia Salsabila Program Studi PVKK Tata Rias, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Surabaya, Indonesia
Keywords: Digital Marketing, E-Commerce, UMKM

Abstract

Pada dasarnya UMKM merupakan suatu usaha atau kegiatan usaha yang dilakukan oleh perorangan, kelompok,  usaha kecil dan rumah tangga.. UMKM tersebut bergerak dalam bidang industri dan makanan di Desa Jenggot. Namun kegiatan pemasarannya masih sangat terbatas. Oleh karena itu, para pelaku kepentingan UMKM perlu menyadari pentingnya peggunaan pemasaran digital agar dapat meningkatkan sistem pemasarannya untuk memperluas tujuan bisnisnya dan mendukung upaya penjualan yang lebih baik. Data yang dikumpulkan melalui observasi selama kegiatan sosialisasi pemasaran digital. Metode yang digunakan memberikan sosialisasi berupa presentasi dan tutrial penggunaan Lazada, Tokopedia, dan Shopee serta tutorial registrasi produk di Shopee yang dapat digunakan untuk menigkatkan visibilitas dan menjangkau lebih banyak potensi daripada daya konsumsi yang lebih besar. Berdasarkan hasil kegiatan sosialisasi ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan peserta sebesar 15% jika dibandingkan dengan sebelum diberi materi sosialisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Imron, S. And S. Masrokhah, "Strategi Umkm Sukses Jualan Online Di Marketplace," Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Pp. 395-399, 2023.
A. P. Wati, J. A. Martha And A. Indrawati, Digital Marketing, Malang: Edulitera, 2019.
A. U. Syukri And A. N. Sunrawali, "Digital Marketing Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah," Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, Vol. 19, No. 1, Pp. 170-182, 2022.
C. C. Priyatna, A. A. Prastowo And F. Syuderajat, "Digital Marketing Untuk Usaha Mikro Kecil Menengah," Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, Vol. 9, Pp. 283 - 288, 2020.
D. K. Keller, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga, 2012.
G. Abdurrahman, H. Oktavianto, E. Y. Habibie And A. W. Hadiyatullah, "Pelatihan Digital Marketing Pada Umkm Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran," Jurnal Pengabdian Masyarakat , Vol. 1, Pp. 88-92, 2020.
P. Trulline, "Pemasaran Produk Umkm Melalui Media Sosial Dan E-Commerce," Pemasaran Produk Umkm Melalui Media Sosial Dan E-Commerce, Vol. 5, Pp. 259-279, 2021.
R. A. Rizki, "Startegi Pemasaran Melalui Digital Marketing Cv. Oase Indonesia Madani," 2022. [Online]. Available: Http://Repository.Unissula.Ac.Id/28093/2/Manajemen_30401800278_Fullpdf.Pdf.
S. F. Widyana And S. R. Batangriyan, "Pengaruh Digital Marketing Terhadap Brand Image Di Pt. Central Global Network," Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, Vol. 10, 2020.
S. Rahman, A. Sembiring, R. Aulia, H. Dafitri And R. Liza, "Pengenalan Chatgpt Untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa-Siswi Di Smk Negeri 1 Pantai Labu," Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 05, 2023.
T. K. Ahsyar, S. And A. , "E-Marketplace Media Pengembangan Promosi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dinas Koperasi Umkm Kota Pekanbaru," Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, Pp. 43-54, 2020.
W. L. Hardilawati, "Strategi Bertahan Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19," Jurnal Akuntansi & Ekonomika, Vol. 10, No. 1, Pp. 90-98, 2020.
Published
2023-10-18
How to Cite
Sari, D., Billa, E., Cindy, M., Cristanti, Y., Meilawati, I., Fadilah, D., Saputri, A., Hidayat, N. and Salsabila, N. (2023) “PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG PEMANFAATAN GADGET DAN INTERNET SEBAGAI STRATEGI DALAM PEMASARAN UMKM”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(02), pp. 25-30. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v5i02.804.