Rancang Peta Jalur Angkutan Umum Berbasis Web Menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript di Visual Studio

  • Duncan Dancin Tarigan Universitas Harapan Medan
Keywords: Web, Berastagi, Angkutan, Informasi, Tarif

Abstract

Banyaknya wisatawan yang datang dari luar daerah dan dari luar pulau bahkan dari mancanegara, mendatangkan pemasukan yang lebih besar bagi pedagang dan pengelola tempat wisata di Berastagi. Sayangnya, banyak pengunjung yang tersesat dalam perjalanan mereka menuju tujuan, sehingga dibutuhkannya informasi tentang transportasi umum yang ada di Berastagi. Penelitian ini merancang situs web yang memberi informasi tentang angkutan umum, jalur trayek dan tarif ongkos yang berlaku. Penulis bertujuan agar pengunjung di kota Berastagi dengan leluasa tanpa khawatir dalam mengunjungi tempat wisata yang ada. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus telah digunakan dalam penelitian ini. Penulis melakukan wawancara terhadap petugas stasiun di setiap angkutan umum yang ada menggunakan teknik purposif. Penelitian ini menciptakan situs web dengan kemudahan penggunaannya secara umum, dalam mencari angkutan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Alasan yang dikemukakan oleh petugas stasiun terhadap pengunjung yang salah dalam memilih angkutan adalah kurangnya bertanya dan tidak adanya sarana informasi yang jelas terhadap trayek angkutan umum yang ada. Pada akhirnya, penelitian ini memberikan sebuah situs web informasi lengkap tentang pilihan angkutan umum berdasarkan tujuan pengguna yang berkunjung ke kota Berastagi.

Kata Kunci : Web, Berastagi, Angkutan, Informasi, Tarif

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] R. Suhargon, “Kebijakan Pemerintah Dalam Penataan Angkutan Umum Dalam Menambah Pendapatan Asli Daerah,” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, vol. 4, no. 2, pp. 446–447, Dec. 2021, doi: 10.31004/jrpp.v4i2.3702.
[2] M. Y. P. Bagau and H. P. Chernovita, “Perancangan Sistem Informasi Geografis Pariwisata Dan Rute Angkutan Umum Berbasis Web Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Salatiga,” Sebatik, vol. 25, no. 2, pp. 632–633, Dec. 2021, doi: 10.46984/sebatik.v25i2.1177.
[3] R. Ridho, V. H. Edy, and I. Juli, “Perancangan Aplikasi Informasi Rute dan Tarif Angkot di Kota Medan Berbasis Android,” Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, vol. 1, p. 1018, Jul. 2020, Accessed: Nov. 11, 2023. [Online]. Available: https://www.e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/FTIK/article/view/941.
[4] R. S. S. Dewi, S. Ririn, and W. Purnami, “Pelatihan Pembuatan Peta Digital Berbasis Sistem Informasi Geografis Di Desa Rejoso,” Jurnal Pengabdian Kepada Msyarakat, vol. 4, no. 4, pp. 51–52, Dec. 2021, Accessed: Nov. 11, 2023. [Online]. Available: https://doi.org/10.36257/apts.v4i4.4347.
[5] Peraturan Perundang-undangan, “Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 1993 tentang Angkutan Jalan,” Database Peraturan, p. 41, Jul. 1993.
[6] Y. H. S. Muhammad and S. M. Aip, Panduan Lengkap Membangun Sistem Monitoring Kinerja Mahasiswa Internship Berbasis Web Dan Global Positioning System. Bandung: Kreatif Industi Nusantara, 2020.
[7] A. Hidayah, A. Yani, Rusidi, and Saadulloh, “Membangun Website Sma Pgri Gunung Raya Ranau Menggunakan Php Dan Mysql,” Jurnal Teknik Informatika Mahakarya , vol. 2, no. 2, p. 43, Dec. 2019, Accessed: Nov. 11, 2023. [Online]. Available: https://journal.unmaha.ac.id/index.php/jtim/article/download/35/35.
[8] G. S. Ummy, Tutorial Cascading Style Sheets (CSS). Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.
[9] A. Sahi, “Aplikasi Test Potensi Akademik Seleksi Saringan Masuk Lp3i Berbasis Web Online Menggunakan Framework Codeigniter,” Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, vol. 7, no. 1, p. 122, Jun. 2020, Accessed: Nov. 11, 2023. [Online]. Available: https://www.jurnal.plb.ac.id/index.php/tematik/article/download/386/255.
[10] A. Agustini and J. W. Kurniawan, “Sistem E-Learning Do’a dan Iqro’ dalam Peningkatan Proses Pembelajaran pada TK Amal Ikhlas,” Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi, vol. 1, no. 3, p. 155, Dec. 2019, Accessed: Nov. 11, 2023. [Online]. Available: https://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/JMApTeKsi/index.php/JOM/article/view/526.
[11] B. A. Priyaungga, D. B. Aji, M. Syahroni, N. T. S. Aji, and A. Saifudin, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Perpustakaan Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, vol. 3, no. 3, p. 150, Aug. 2020, doi: 10.32493/jtsi.v3i3.5343.
[12] R. J. P. Ponza, Nyoman. I. Jampel, and K. I. Sudarma, “Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar,” Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, vol. 6, no. 1, p. 12, Jun. 2018, Accessed: Nov. 11, 2023. [Online]. Available: https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257
[13] F. Sonata and W. V. Sari, “Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer,” Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, vol. 8, no. 1, pp. 23–24, Jun. 2019, Accessed: Nov. 11, 2023. [Online]. Available: https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/komunika/article/view/1832/1112.
[14] P.S. Reka, D. Fera dan Khairunnisa. “Game Edukasi Dalam Pembelajaran Seni Rupa Memanfaatkan Metode Scramble Berbasis Android”. Prosiding SNASTIOM.pp 330-337 Oktober 2022
Published
2023-12-01
Section
Articles