Perancangan Aplikasi Virtual Reality Bangun Ruang Dengan Menggunakan Aplikasi Blender Dan Unity 3D

  • Fahri Ardhana Universitas Harapan Medan
  • Ummul Khair Universitas Harapan Medan
  • Mufida Khairani Universitas Harapan Medan
Keywords: : Virtual Reality, Build Space, Application, Animation, Users

Abstract

Virtual Reality (VR) applications have become a technology that has become increasingly popular and developed rapidly in recent years. Virtual Reality allows users to experience and interact with immersive and immersive virtual environments. One interesting use of Virtual Reality is in learning geometric shapes (blocks, cubes and balls). Learning to build space usually only takes the form of pictures which are limited to teaching materials, either books or modules. The Blender and Unity 3D applications can be used in designing virtual reality building applications. Blender is a powerful open source software for 3D modeling and animation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Teknologi Augmented Reality untuk Siswa Sekolah Dasar Widani, R., & Kosasih, E. (2020). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (Vol. 7, Issue 4). http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Devega, M. (2019). PERANCANGAN ANIMASI ROBOT 3D SEBAGAI SARANA PROMOSI. In Jurnal Teknologi Informasi Mura Walhidayat, Yuhelmi (Vol. 11, Issue 02).
Gustina, D., & Adetya, N. (2020). Rancang Bangun Visualisasi 3D Sistem Pencernaan dengan Konsep Virtual Reality Berbasis Android.
Ilmu, J. T., Aplikasi, D., Antero, B., Informatika, J., & Bhayangkara Surabaya, U. (n.d.). MEDIA PENGENALAN HEWAN LIAR MENGGUNAKAN VIRTUAL REALITY (VR). Jurnal Teknik Ilmu Dan Aplikasi.
PENGEMBANGAN DINO PARK 3D BERBASIS VIRTUAL REALITY MENGGUNAKAN GOOGLE VR SDK. (2020). JIP (Jurnal Informatika Polinema). (n.d.). https://www.codepolitan.com.
Komang Sriasih, N., Mahendra Darmawiguna, G., Windu, M., Kesiman, A., Teknik, F., & Kejuruan, D. (2020). PENGGUNAAN PRINSIP STAGING DALAM PROSES PEMBUATAN FILM ANIMASI 3D PROFIL I GUSTI KETUT JELANTIK SANG PAHLAWAN NASIONAL. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 9(2).
Made, I., Pratama, Y., Gede, I., Sindu, P., & Santyadiputra, G. S. (2019). Pengembangan Aplikasi Virtual Reality Mengenal Macam-Macam Benda Di Sekitar Rumah Dalam Bahasa Inggris (Studi Kasus: SD Cerdas Mandiri Denpasar). Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 8(3).
Nanda, P. A. (2020). Simulasi Visualisasi Teknik Gerakan Yoga Dengan Metode Pengembangan Multimedia Luther-Sutopo Berbasis Mobile. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 7(2), 207. https://doi.org/10.30865/jurikom.v7i2.1944
Rahmat, R., & Noviyanti, N. (2021a). Augmented Reality untuk Materi Bangun Ruang Menggunakan Unity 3D, Vuforia SDK dan Aplikasi Blender. JURNAL TIKA, 5(3), 86–92. https://doi.org/10.51179/tika.v5i3.59
Rahmat, R., & Noviyanti, N. (2021b). Augmented Reality untuk Materi Bangun Ruang Menggunakan Unity 3D, Vuforia SDK dan Aplikasi Blender. JURNAL TIKA, 5(3), 86–92. https://doi.org/10.51179/tika.v5i3.59
Rimayanti, N., Yulianti, A., Nasution, B., & Lubis, E. E. (2019). Pembuatan Video Profil Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Riau sebagai Media Promosi Berbasis Multimedia. IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT, 3(2), 84–95. https://doi.org/10.25299/itjrd.2019.vol3(2).2499
Sumardani, D., Midaraeni, I., & Sumardani, N. I. (2019). VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN RELATIVITAS KHUSUS BERBASIS GOOGLE CARDBOARD PADA SMARTPHONE ANDROID. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.80
Syahputra, R. B., & Deslianti, D. (2021). PEMBUATAN VIDEO ANIMASI 3D KANTOR GUBERNUR PROVINSI BENGKULU. In Jurnal Rekursif (Vol. 9, Issue 2). http://ejournal.unib.ac.id/index.php/rekursif/128
Triwahyuni, E., & Hadi Pradana, P. (n.d.). (2021). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY UNTUK MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SMP/MTs. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/index
Ulfa, M., & Imum Lueng Bata Batoh -Banda Aceh, J. T. (n.d.). 2019.Perancangan Animasi 3D Gedung Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah Sebagai Media Informasi. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi, 2(1).
Warih, K., & Indriani, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Kelas VII SMPN 4 Taliwang melalui Aplikasi Android Virtual Reality Mathematics Berbantuan Google Cardboard. In Indonesian Journal of Teacher Education (Vol. 1, Issue 2).
Yasa, G. W., Gede, I., Sindu, P., Windu, M., & Kesiman, A. (2021a). IMPLEMENTASI MODULAR RIGGING RIGIFY DALAM PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 3D TUDE THE-SERIES “GOTONG ROYONG MEMBUAT KERAJINAN TANGAN.” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(2).
Yasa, G. W., Gede, I., Sindu, P., Windu, M., & Kesiman, A. (2021b). IMPLEMENTASI MODULAR RIGGING RIGIFY DALAM PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 3D TUDE THE-SERIES “GOTONG ROYONG MEMBUAT KERAJINAN TANGAN.” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(2).
Yudha Pratama, B., Tofa Nurcholis, M., & Kurniawan, H. (2022). Perancangan Aplikasi Desain Bangunan 3D Menggunakan Virtual Reality dan Google Cardboard di Tjantik Kost Yogyakarta. Jurnal Teknologi Informasi, 3.
Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331
Published
2024-02-27
Section
Articles