Perancangan Aplikasi Virtual Reality Bangun Ruang Dengan Menggunakan Aplikasi Blender Dan Unity 3D

  • Fahri Ardhana Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer, Universitas Harapan Medan, Medan, Indonesia
  • Ummul Khair Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer, Universitas Harapan Medan, Medan, Indonesia
  • Mufida Khairani Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer, Universitas Harapan Medan, Medan, Indonesia
Keywords: : Virtual Reality, Build Space, Application, Animation, Users

Abstract

Virtual Reality (VR) applications have become a technology that has become increasingly popular and developed rapidly in recent years. Virtual Reality allows users to experience and interact with immersive and immersive virtual environments. One interesting use of Virtual Reality is in learning geometric shapes (blocks, cubes and balls). Learning to build space usually only takes the form of pictures which are limited to teaching materials, either books or modules. The Blender and Unity 3D applications can be used in designing virtual reality building applications. Blender is a powerful open source software for 3D modeling and animation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] F. Rozi, R. Ridlo Kurniawan, and F. Sukmana, “Pengembangan media pembelajaran pengenalan bangun ruang berbasis augmented reality pada mata pelajaran matematika,” vol. 06, pp. 436–447, 2021.
[2] D. Irmayanti et al., “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality,” vol. 16, 2022.
[3] A. Arifudin, D. Kuswandi, and Y. Soepriyanto, “Pengembangan Media Obyek 3 Dimensi Digital Sel Hewan Dan Tumbuhan Memanfaatkan Piramida Hologram Untuk MTS,” vol. 2, no. 1, pp. 9–15, 2019.
[4] I. M. Y. Pratama, I. G. P. Sindu, and G. S. Santyadiputra, “Pengembangan Aplikasi Virtual Reality Mengenal Macam-Macam Benda Di Sekitar Rumah Dalam Bahasa Inggris ( Studi Kasus : SD Cerdas Mandiri Denpasar ),” vol. 8, pp. 544–553, 2019.

[5] N. Alamsyah et al., “Pembangunan Aplikasi Sebagai Media Pembelajaran Bangun Ruang Tingkat Sd / Smp Dengan Menggunakan,” vol. 15, pp. 23–31, 2021.
[6] D. Gustina and N. Adetya, “Rancang Bangun Visualisasi 3D Sistem Pencernaan dengan Konsep Virtual Reality Berbasis Android,” vol. 4, no. 74, pp. 103–110.
[7] Z. Mubarok, “Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang 3D Berbasis Android Dengan Memanfaatkan Augmented Reality,” vol. 2, pp. 29–38, 2019.
[8] E. Kosasih, “Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Teknologi Augmented Reality untuk Siswa Sekolah Dasar,” vol. 7, no. 4, pp. 219–233, 2020.
[9] A. Pandhu, D. Prayogha, M. R. Pratama, M. Luther, K. Kunci, and M. Luther, “Implementasi Metode Luther Untuk Pengembangan Media Pengenalan Tata Surya Berbasis Virtual Reality,” vol. 1, no. 1, pp. 1–14, 2020.
[10] A. Maulana, V. Rosalina, and E. Safaah, “Implementasi Teknologi Virtual Tour Perpustakaan Menggunakan Metode Pengembangan Multimedia Development Life Cycle ( MDLC ),” vol. 7, no. 1, pp. 1–6, 2020.
Published
2024-02-27
Section
Articles