Program Pendampingan Usaha “Pendidikan Pengusaha” Dalam Sektor Bisnis Pendidikan

  • Dita Amanah Universitas Pendidikan Indonesia
  • B Lena Nuryanti
  • Andri Jayasadipa Aji
  • Dedy Ansari Harahap
Keywords: Pendampingan, Pendidikan Pengusaha, Logo, Promosi, Konten

Abstract

Program pendampingan usaha “Pendidikan Pengusaha” yang berdiri sejak 2021, dirancang sebagai inisiatif strategis untuk mendukung pertumbuhan dan pengembangan sektor bisnis pendidikan melalui pemberdayaan komunitas lokal. Program ini bertujuan untuk membangun kapasitas kewirausahaan di kalangan pelaku usaha pendidikan, seperti lembaga bimbingan belajar, kursus, dan pelatihan vokasional, agar mampu beradaptasi dengan tantangan era digital dan persaingan global. Beberapa permasalahan ditemukan, seperti logo yang tidak ada, tidak memiliki halaman web sendiri, database pelanggan yang kosong, konten yang tidak original, hingga permasalahan dalam segi produk. Survei dilakukan dengan cara mengamati usaha hingga melakukan wawancara dengan pemilik usaha perusahaan tersebut. Dikarenakan usaha pada bidang pendidikan ini memiliki potensi yang sangat baik dalam jangka panjang oleh karena itu berbagai solusi diupayakan untuk dicari dari permasalahan-permasalahan yang ada agar harapannya dapat memajukan usaha ini hingga dapat memberikan lebih banyak dampak bagi calon pengusaha di Indonesia sesuai dengan visi dan misi perusahaan tersebut. Melalui pendekatan pendampingan, program ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing usaha, menciptakan lapangan kerja baru, serta memberikan kontribusi nyata terhadap penguatan ekosistem pendidikan di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afif, M., Suminto, A., & Mubin, A. F. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Word Of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Di Toko Buku La Tansa Gontor). Journal of Islamic Economics (JoIE), 1(2), 1–23.
Amanah, D., & Harahap, D. A. (2018). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Perusahaan Terhadap Kesadaran Merek Pelanggan. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 11(3), 207–216. https://e-journal.unair.ac.id/JMTT/article/view/9789/0
Andhara, A., Akbar, F., & Firmansyah, A. (2022). Panduan Membangun e-learning Platform. Elex Media Komputindo. https://ebooks.gramedia.com/id/buku/panduan-membangun-e-learning-platform
Andika, B., & Rumyeni, R. (2024). Pengaruh Iklan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Azwa Perfume Pekanbaru. Jurnal Komunikasi Universitas Garut, 10(2), 1–17.
Andriyati, I., & Pebrianti, W. (2023). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Kepuasan, Keterlibatan, dan Loyalitas Pelanggan (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Ilmiah Universitas Tanjungpura, 6, 173–188.
Arda, M., Andriany, D., Affandy, S. M., & Putra, Y. A. (2022). Perencanaan Bisnis dan Cara Mudah Menyusun Business Plan. UMSU Press. https://www.google.co.id/books/edition/Perencanaan_Bisnis_dan_Cara_Mudah_Menyus/_Ht4EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0
Asra, A., Irawan, P. B., & Purwoto, A. (2015). Metode Penelitian Survei. In Media. https://penerbitinmedia.co.id/metode-penelitian-survei-detail-293761.html
Ayudiana, S. (2024, October). Indonesia butuh 800 ribu wirausaha baru untuk jadi negara maju. Antaranews.Com, 1. https://www.antaranews.com/berita/4397509/indonesia-butuh-800-ribu-wirausaha-baru-untuk-jadi-negara-maju#google_vignette
Barizki, R. N., & Apriani, Y. (2024). Strategi Konten Kreatif Doteens Dalam Meningkatkan Audience Engagement Melalui Instagram. Komunikata57, 5(1), 29–36.
Dahmiri, D., & Bhayangkari, S. K. W. (2022). Kinerja pemasaran yang dipengaruhi oleh orientasi pasar, inovasi produk dan bauran promosi. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(1), 149–156.
Evans, D., & McKee, J. (210 C.E.). Social Media Marketing The Next Generation of Business Engagement. Wiley. https://www.google.co.id/books/edition/Social_Media_Marketing/7l2OR6giC6AC?hl=en&gbpv=0
Fauzi, M., Indrajit, R. E., & Hidayat, S. (2024). E-Learning Platforms; Strategi Belajar Online. Media Akademi. http://grahailmu.id/media-akademi/produk/e-learning-platforms-strategi-belajar-online/
Gunelius, S. (2011). Content Marketing For Dummies. Wiley. https://www.google.co.id/books/edition/Content_Marketing_For_Dummies/AW-pB5YPV8oC?hl=en&gbpv=0
Haluruk, N. (2024, March). Pentingnya Pendidikan dan UMKM Bagi Masyarakat. Unlesa.Ac.Id, 1. https://unlesa.ac.id/berita-kampus/pentingnya-pendidikan-dan-umkm-bagi-masyarakat/
Jaya, R. C., Aprilia, A. P., Ramdani, A. C., Aqila, A. A., Rinendaputri, A. A., Aulia, K., Putri, T. S. A., & Hafiar, H. (2024). Analisis Semiotik Charles Sanders Peirce Terhadap Logo Perusahaan Goto Indonesia. Journal of Digital Communication Science, 2(1), 27–42.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2021). Principles of Marketing (Eighteenth). Pearson Education Limited.
Lieb, R. (2012). Content Marketing Think Like a Publisher-- how to Use Content to Market Online and in Social Media. Que Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/Content_Marketing/hrxi8b2xOQAC?hl=en&gbpv=0
McGruer, D. (2020). Dynamic Digital Marketing Master the World of Online and Social Media Marketing to Grow Your Business. Wiley. https://www.google.co.id/books/edition/Dynamic_Digital_Marketing/sPm4DwAAQBAJ?hl=en&gbpv=0
McKeown, M. (2024). The Innovation Book: Cara Mengelola Ide dan Eksekusinya untuk Mencapai Hasil Terbaik. Elex Media Komputindo. https://ebooks.gramedia.com/id/buku/the-innovation-book-cara-mengelola-ide-dan-eksekusinya-untuk-mencapai-hasil-terbaik
Prameswari, C., & Irawati, I. (2024). Analisis konten promosi dalam akun media sosial tiktok Perpusnas RI (@perpusnas_ri). Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 12(2), 215–229.
Pranitasari, D., Anha, M., & Adli, K. N. (2022). Buku Program Pendampingan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Deepublish.
Pulizzi, J. (2013). Epic Content Marketing How to Tell a Different Story, Break Through the Clutter, and Win More Customers by Marketing Less. Mc Graw Hill Education. https://www.google.co.id/books/edition/Epic_Content_Marketing_How_to_Tell_a_Dif/8dprAAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0
Purwanti, Y., & Diana, R. A. (2024). Strategi Pemasaran Berdasarkan Konsep Product Life Cycle (Plc) Pada Wedding Organizer (Wo) Salma Wedding Concept Di Kota Bandung. Edunomika, 8(2), 1–8.
Puspasari, D. (2023). Pengaruh Desain Logo Dan Nama Merek Terhadap Brand Image Mixue (Studi Kasus Pada Mahasiswa Stie Wibawa Karta Raharja). Aliansi:Jurnal Manajemen & Bisnis, 18(1), 41–48.
Reniati. (2013). Kreativitas Organisasi dan Inovasi Bisnis. Alfabeta. https://cvalfabeta.com/product/kreativitas-organisasi-dan-inovasi-bisnis-2/
Rujiah, & Sa’diyah, M. (2021). Peran Stakeholder Pendidikan Sebagai Penjamin Mutu Sekolah PAUD di TKQ Baitul Izzah. Rayah Al-Islam: Jurnal Ilmu Islam, 5(2), 636–652.
Sugarda, Y. B. (2020). Panduan Praktis Pelaksanaan Focus Group Discussion Sebagai Metode Riset Kualitatif. Gramedia Pustaka Utama. https://ebooks.gramedia.com/id/buku/panduan-praktis-pelaksanaan-focus-group-discussion-sebagai-metode-riset-kualitatif
Ummah, F. (2023, April). Logo: Pengertian, Fungsi dan Kriteria dalam Membangun Branding. Majalah Marketeers, 1. https://www.marketeers.com/logo-pengertian-fungsi-dan-kriteria-dalam-membangun-branding/?utm_source=chatgpt.com
Published
2025-02-03
How to Cite
Amanah, D., Nuryanti, B. L., Aji, A. J. and Harahap, D. A. (2025) “Program Pendampingan Usaha ‘Pendidikan Pengusaha’ Dalam Sektor Bisnis Pendidikan”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(01), pp. 60-68. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v1i01.1076.