PELATIHAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN PADA ORGANISASI HMPS MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Era digital, otomatisasi tata kelola perkantoran menjadi sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak sektor termasuk sektor pendidikan yang membutuhkan keterampilan dalam mengelola administrasi perkantoran secara digital. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada organisasi HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi) Manajemen Pendidikan Islam UIN Mahmud Yunus Batusangkar dan UIN Sultan Syarif Kasim Riau mengenai penggunaan teknologi dalam otomatisasi tata kelola perkantoran guna mempersiapkan mereka menghadapi tuntutan dunia kerja yang semakin bergantung pada teknologi digital. Metode pelaksanaan kegiatan yang dilakukan pada pengabdian ini yaitu pelatihan dan pendampingan yang dilakukan melalui tahapan persiapan, tahapan pembinaan, tahapan pendampingan, tahapan pelatihan, dan tahapan evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa Pelatihan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran pada organisasi HMPS Manajemen Pendidikan Islam UIN Mahmud Yunus Batusangkar dan UIN Sultan Syarif Kasim Riau telah berhasil dilaksanakan dan mencapai tujuannya untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mengelola administrasi perkantoran berbasis teknologi. Melalui tahapan pelatihan yang meliputi pembinaan, pendampingan, dan simulasi praktis, peserta dapat menguasai berbagai perangkat lunak yang penting dalam otomatisasi perkantoran. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan peserta, yang tercermin dalam perubahan skor pre-test dan post-test, serta kepuasan peserta terhadap materi dan metode pelatihan. Pelatihan ini memberikan manfaat langsung bagi mahasiswa untuk mempersiapkan mereka menghadapi dunia kerja. Kegiatan ini sangat relevan dan perlu dilanjutkan untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang administrasi perkantoran berbasis teknologi.
Downloads
References
Avianti, W., & Indah, D. Y. (2023). PERAN UJI KOMPETENSI PESERTA DIDIK PADA KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN (SMKN Linggabuana Kabupaten Purwakarta). Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 5(1), 68–75. https://doi.org/10.28926/jppnu.v5i1.177
Fatmariani, & Alfasyah, R. (2022). Pelatihan dan Pendapingan jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) SMK Bina Cipta Palembang. Jurnal Pemberdayaan Umat, 1(2), 121–131. https://doi.org/10.35912/jpu.v1i2.1231
Hirman, Imasita, Gunawan, A., & Nahiruddin. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Kompetensi Bidang Keahlian OTKP pada Guru-Guru SMK Negeri 1 Makassar. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV)., 9(3), 454–462. https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1498/862
Kusumawati, N., Ende, Affandi, N., Komarudin, M., Kusuma, J. W., Hamidah, Nursoleh, Fatonah, S., & Zahra, S. (2023). Pkm Uji Kompetensi Bidang Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran Di Smk Muhammadiyah Pontang. Community Devellopment Journal, 4(2), 1306–1311. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13136/9999
Listari, S. (2024). PKM Gathering Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran Pada SMK Negeri 1 Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 5(2), 131–140. https://doi.org/10.37641/jadkes.v5i2.1666
Muslim, B., Susilawati, E., Rahmat, A. D., & Syaputra, A. (2023). Pelatihan Digitaliasi Administrasi Perkantoran bagi Alumni SMKN 1 Sukanagara Provinsi Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(2), 399–410. https://doi.org/10.54082/jamsi.664
Purnamasari, E. D., & Anggraini, L. D. (2021). Pelatihan Uji Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Administrasi Perkantoran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 59–62. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/aptekmas/article/view/3359/1446
Rahayuningsih, & Martono, S. (2020). Analisis Kemampuan Manajemen Kearsipan Siswa Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 803–815. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.42112
Rahmatiah, R., Sarjan, M., Muliadi, A., Azizi, A., Hamidi, H., Fauzi, I., Yamin, M., Muttaqin, M. Z. H., Ardiansyah, B., Rasyidi, M., Sudirman, S., & Khery, Y. (2022). Kerangka Kerja TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dalam Perspektif Filsafat Ilmu Untuk Menyongsong Pendidikan Masa Depan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2620–8326. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.1069
Yani, R. S. I., Seri, H., Samsilayurni, & Lestari, W. (2021). HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 PALEMBANG Pendahuluan UU No . 20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 1 mengatakan bahwa “ Pendidikan adalah usaha sadar dan t. Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 4(2), 1–14. https://jurnal.um-palembang.ac.id/jaeducation/article/view/4344/2806
Yuliansah, Y., Sutirman, S., Dwihartanti, M., & Kistiananingsih, I. (2023). Pelatihan Penggunaan ERISE sebagai Media Pembelajaran Kearsipan Elektronik bagi Guru SMK Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(2), 347–358. https://doi.org/10.29407/ja.v7i2.18641

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.