Pelatihan Pemanfaatan Media Online di SDIT Bunayya Yayasan Pendidikan Islam Al-Munawwarah Murad
Abstract
Pembelajaran daring pada masa covid-19 menjadi suatu kewajiban bagi setiap guru dimanapun di Indonesia terkhusus di SDIT Bunayya Yayasan Pendidikan Islam Al-Munawwarah Murda Medan. Pembelajaran daring tersebut, menjadikan setiap guru wajib menguasai teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran online. Bukan itu saja, setiap guru dituntut untuk kreatif dalam menyusun materi pembelajaran agar memudahkan bagi siswa untuk belajar dengan baik dan maksimal. Oleh sebab itu, pengabdian ini dilakukan untuk membantu guru-guru tersebut dapat memanfaatkan media online secara gratis dalam penyusunan materi pembelajaran, sehingga siswa dapat belajar dengan maksimal di rumahnya. Pengabdian ini dilakukan dalam bentuk pelatihan pemanfaatan aplikasi Ocam, Format Factory, dan membuat konten pembelajaran di youtube, dimana tim pengabdian memberikan menjelaskan secara langsung yang diikuti oleh semua peserta pelatihan. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa dari 99% guru yang tadinya tidak memiliki konten pembelajaran di youtube, sudah berhasil memiliki konten di youtube sebanyak 79%. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan dan pengetahuan guru SDIT Bunayya Yayasan Pendidikan Islam Al-Munawwarah Murda Medan menjadi lebih baik dalam membuat materi pembelajaran dengan kreatif. Oleh sebab itu, diharapkan tim pengabdian dalam lebih mengembangkan kemampuan guru dalam membuat konten materi pembelajaran tidak hanya kreatif namun juga menarik
Downloads
References
Rakib, Muhammad., Rombe, Arfina., Yunus, Muchtar., 2016, Pengaruh Pelatihan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalitas Guru (Studi Pada Guru IPS Terpadu yang Memiliki Latar Belakang Pendidikan Dalam Bidang Pendidikan Ekonomi)., Ad’ministrare, Vol. 3 No. 2., Hal. 137 – 148
Surizal., Marzolina., Marpaung, Rio J.M., 2014., Pengaruh Pelatihan dan Kepemimpinan Terhadap Kompetensi Guru MTs Negeri Selatpanjang, Jom Fekon, Vol. 1 No. 2., Hal. 1 – 15