Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Mandiri “Sosialisasi Pembangunan Desa Melalui Desa Digital” Desa Gohong Kabupaten Pulang Pisau

  • Jadiaman Parhusip Teknik Informatika FT UPR
  • Septian Geges
  • Abertun S Sahay
  • Ariesta Lestari
Keywords: Masyarakat Mandiri, Sosialisasi, Desa Digital, Desa Gohong, Teknik Informatika

Abstract

Masyarakat Digital (Digital Society) adalah realitas hidup di abad 21 dimana manusia dalam berbagai sektor kehidupannya terpaut dengan ITC dan Teknologi Digital. Beberapa contoh nyata transformasi di Era Digital sebagai berikut; (1) pada sektor pendidikan dari manual based menjadi electronic based, (2) pada sektor sosial, dari “kopi darat” menjadi berbasis online (Skype, WA, Line, Telegrap, dst.), dan (3) budaya (belanja tatap muka, lapak pasar) menjadi belanja online (tanpa tatap muka). Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya berinisiatif untuk menjadikan masyarakat Desa Gohong di Kabupaten Pulang Pisau menjadi pelopor masyarakat yang cerdas dalam memanfaatkan internet dan konten digital dalam membangun diri (pribadi/keluarga) dan membangun desanya. Melalui beberapa kali kontak dengan pihak-pihak terkait di Desa Gohong, maka melalui Surat Tugas Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Palangka Raya No. 748/UN24.13/KP/2021 tanggal 19 Nopember 2021 telah dilaksanakan sosialisasi selama satu hari pada 4 Desember 2021, dengan peserta yang terlibat dari pihak Desa sebanyak 25 keluarga. Hasil sosialisasi menunjukkan bahwa warga yang hadir sangat antusias mengikuti materi sosialisasi dengan banyaknya pertanyaan dari peserta, dan kehadiran peserta dari awal acara sampai acara berakhir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

apjii.or.id
https://kimonline.bandungkab.go.id/kim/member/profile/kim_desaciluncat
https://kominfo.kulonprogokab.go.id/detil/372/pengukuhan-3-kim-desa-tanjungharjo-nanggulan
https://kimpisangmas.blogspot.com/
Published
2022-03-28
How to Cite
Parhusip, J., Geges, S., Sahay, A. and Lestari, A. (2022) “Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Mandiri ‘Sosialisasi Pembangunan Desa Melalui Desa Digital’ Desa Gohong Kabupaten Pulang Pisau”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(01), pp. 11-15. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v4i01.485.