Gerakan “Sinau Bareng” Membaca Permulaan Untuk Siswa Kelas 1 di SDN Kandangan, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo
Abstract
Kemampuan membaca permulaan beberapa siswa kelas 1 di SDN Kandangan masih tergolong rendah, dilihat dari ketidakmampuan siswa dalam mengeja suatu kata, menggunakan tanda baca, pengucapan yang kurang jelas, serta pelafalan yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Kandangan Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yang menggunakan jenis penelitian wawancara dan observasi yang kemudian hasilnya dianalisis secara deskriptif. Kegiatan yang dilakukan menggambarkan interaksi kelas, strategi pengajaran, dan dampak positif seperti peningkatan kemampuan membaca, motivasi belajar, kreativitas, dan perkembangan karakter. Meskipun demikian, tantangan seperti variasi kemampuan siswa dan partisipasi orang tua menjadi fokus, yang memerlukan solusi yang sesuai. Dapat disimpulkan bahwa penelitian ini memberikan kontribusi berharga dalam mengilustrasikan kesuksesan pendekatan kolaboratif dalam pembelajaran membaca permulaan.
Downloads
References
Novitasari, A., Qiftiyah, atul, Habibah, T., Aidia Kuswoyo, S., Dedi Suprianto, E., Lembunai, V., Buana Surabaya, A., & Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, P. (2023). Gerakan “Sinau Bareng” Bahasa Jawa Di Sdn Keret, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 119–122. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/237
Suleman, D., Hanafi, Y. R., & Rahmat, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Scramble Di Kelas II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 713. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.713-726.2021
Taseman, Akhmad, Puspita, A., & Sari, D. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Bahrul Ulum Surabaya. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 153–162.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.