Pendampingan Program Wisata Hijau dengan Hidroponik di Kampung Nelayan Balikpapan

  • Diniar Mungil Kurniawati Institut Teknologi Kalimantan
Keywords: Hidroponik; Pantai Cemara; Wisata Hijau

Abstract

Kampung Nelayan merupakan sebuah kampung yang berada di sekitar kawasan Pantai Cemara Kelurahan Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur. Pantai Cemara merupakan salah satu destinasi wisata di Balikpapan yang mempunyai keunikan yaitu di sekeliling Pantai tumbuh pohon Cemara. Sebagai salah satu program yang dapat digunkanan untuk meningkatkan penghijauan dan menarik wisatawan yaitu pertanian hidroponik. Selain itu pertanian Hidroponik juga dapat digunakan oleh warga sebagai alternatif penggunaan sayuran untuk konsumsi pribadi. Kegiatan pendampingan program penghijauan yang dilaksanakan di Kampung Nelayan Balikpapan dibagi kedalam tiga tahapan. Tahap pertama yaitu pelatihan untuk meningkatkan pemahaman mengenai pertanian hidroponik. Tahap kedua adalah pembuatan rangkaian hidroponik. Tahap ketiga adalah implementasi atau instalasi hidroponik di Pantai Cemara. Sebagai hasil dari kegiatan yaitu warga dapat secara mandiri mengembangkan pertanian hidropinik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Irna Kurniaty, Sukmawati, Afra nurul Ramadhani, Nurul Fatimah, Aldi Renata, Riang Egi Saputra. 2021. Pembuatan Hidroponik Untuk Budidaya Tanaman Sayur-Sayuran Sebagai Upaya Meningkatkan Kesehatan di Era Pandemi Covid-19 di Kelurahan Balang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto. Jurnal Lepa-lepa Open Vol.1 : No. 3 hal 402 – 409.
Puspitasari, D.A.D., Sudiarta, I.P., dan Sudarma, I.M. (2021). Identifikasi Bakteri Penyebab Penyakit Utama pada Tanaman Hidroponik. Jurnal Agroekoteknologi Tropika Vol.10 : No.3 hal 294 – 307.
Rahmawati, L., & Iswahyudi, H. (2020). Penerapan Hidroponik Sistem Nutrient Film Technique (NFT) di POLTEKNIK HASNUR. Agrisains, 6(1), 8–12.
Sopandi, Tatang. 2018. Teknik Dasar Hidroponik. Program Studi Biologi. Fakultas Matematikan danIlmu Pengetahuan Alam : Surabaya.
Suwandi, Maygsi Aldian dan Prihatin, Silverius Djuni. 2020. Membangun Keberdayaan Nelayan : Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Melalui “Kelompok Usaha Bersama Berkah Samudra” di Jepara, Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISPO) Vol.10 : No.2 hal 231-255
Published
2024-04-20
How to Cite
Kurniawati, D. (2024) “Pendampingan Program Wisata Hijau dengan Hidroponik di Kampung Nelayan Balikpapan”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(01), pp. 1-6. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v6i01.832.