Sosialisasi Permainan Ular Tangga Berbasis Bahasa Inggris sebagai Alternatif Evaluasi Pembelajaran Matematika

  • Suci Dahlya Narpila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Irma Sari Daulay Institut Agama Islam Padang Lawas
  • Tarwiyah Tarwiyah Universitas IBBI
  • Erine Agustia STAI Natuna
Keywords: ular tangga, bahasa inggris, evaluasi

Abstract

Pembelajaran matematika yang monoton dan terkesan kaku membuat siswa menganggap matematika adalah pelajaran yang menyulitkan diri mereka. Guru matematika perlu mendapatkan wawasan terkait beberapa alternatif permainan yang bisa digunakan dalam pembelajaran matematika. Untuk itu perlu diadakan sosialisasi berbagai permainan interaktif yang dapat digunakan guru ketika mengajar matematika, misalnya saja ular tangga matematika. Sehingga diselenggarakanlah sosialisasi permainan ular tangga matematika berbasis bahasa Inggris. Sosialisasi diselenggarakan selama 1 (satu) hari di SMK Imelda Medan. Kegiatan sosialisasi melibatkan 25 orang siswa kelas XI TKJ SMK Imelda Medan. Dari kegiatan pengabdian yang telah dilakukan diperoleh bahwa 80% peserta puas dengan kegiatan sosialisasi yang dilakukan. Pengetahuan mereka meningkat terkait berbagai media permainan yang bisa digunakan dalam pembelajaran matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 209. https://doi.org/10.30651/must.v4i2.3035
Anisa, R. N., Ambarwati, L., & Deasyanti. (2020). Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Bermain. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar.
Apriani, F., & Sudiansyah. (2024). Dampak Kurangnya Praktik Dalam Pelajaran Matematika: Pentingnya Latihan Terstruktur Bagi Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).
Ester. (2012). Pengaruh Metode Bermain Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas III SD Negeri 10 Sigaol Simbolon. Jurnal Tematik.
Ferryka, P. Z. (2018). Permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. https://doi.org/10.31227/osf.io/8bwg3
Harisuddin, M. I. (2019). Secuil Esensi Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Siswa. PT Panca Terra Firma.
Nugraheni, N. (2017). Implementasi Permainan Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Journal Of Medives, 1(2).
Nurussofa, R., & Astuti, H. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 9(1). https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4183
Prasasty, A. T., & Nurhidayati, R. (2022). 3D LEARNING MEDIA DEVELOPMENT TRAINING FOR CLASSROOM TEACHERS AT SDN PONDOK TERONG 1 DEPOK. 4(1).
Puryati, E. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menyelesaikan Soal Latihan Matematika Melalui Pembatasan Waktu Pada Setiap Pertemuan. Jurnal Prisma, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.124
Published
2024-09-05
How to Cite
Narpila, S., Daulay, I., Tarwiyah, T. and Agustia, E. (2024) “Sosialisasi Permainan Ular Tangga Berbasis Bahasa Inggris sebagai Alternatif Evaluasi Pembelajaran Matematika”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(02), pp. 50-56. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v6i02.972.