Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Mading bagi Pembina Sekolah Minggu Vihara Sasana Dhamma Java Dvipa
Keywords:
Bahan ajar, Majalah Dinding, Sekolah Minggu BuddhisAbstract
Bahan ajar menjadi bagian integral dalam proses pembelajaran. Guru semakin dituntut untuk dapat menciptakan bahan ajar yang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa. Tidak adanya bahan ajar kreatif menjadi tantangan dalam proses pembelajaran di Sekolah Minggu Buddhis (SMB) Vihara Sasana Dhamma Java Dvipa. Oleh karena itu diperlukan pelatihan kepada pembina SMB dalam menyusun dan mengembangkan mading sebagai bahan ajar alternatif yang menarik dan kontekstual. Metode kegiatan mencakup tahap persiapan, pemaparan materi kepada pembina, uji coba penggunaan mading dalam pembelajaran, dan evaluasi. Materi pelatihan meliputi pengertian, fungsi, jenis, manfaat, hingga teknik penyusunan mading. Praktik pembelajaran dilaksanakan oleh pembina dengan menggunakan mading untuk mengajarkan materi Pancasila Buddhis kepada siswa SMB. Evaluasi kegiatan dilakukan setelah praktik pembelajaran dengan metode tanya jawab antara tim pengabdi dengan siswa dan pembina SMB. Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memahami materi dan menyukai pendekatan ini. Sedangkan pembina menilai bahwa mading cukup efektif sebagai bahan ajar.
Downloads
References
Amelia, M., Amalia, M., & Siregar, H., 2023, Pembuatan Majalah Dinding (Mading) Sebagai Upaya Peningkatan Literasi Dan Kreativitas Peserta Didik Di Sanggar Kegiatan Belajar (Skb) Kabupaten Pandeglang. Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia SEAN (ABDIMAS SEAN), 2(01), 28–34. https://doi.org/10.58471/abdimassean.v2i01.392
Asmayani, A., & Juhari, A., 2023, Pelatihan Elektronik Mading (E-Mading) Berbasis Web Di Mtss Al-Haris Makassar. Jurnal Abdimas Indonesia, 3(3), 310–316. https://doi.org/10.53769/jai.v3i3.534
Kadar, S., Listiana, Y., & Amrullah, I., 2019, Pelatihan Pembuatan Majalah Dinding ( Mading ) Smp Negeri 30 Kota Surabaya.
Manurung, J., Haloho, B., & Napitu, U., 2023, Mengembangkan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) di Sd. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 676. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5596
Nufus, H., Rukiyah, S., Agustina, J., Sari, M., & Puspita, Y., 2021, Pelatihan Membuat Majalah Dinding di SMAN 1 Air Saleh Banyuasin. Cahaya Mandalika, 2(2), 273–279. https://doi.org/10.36312/abdimandalika.v2i2.536
Sari, Y. D., & Swestin, G., 2015, Tingkat Pengetahuan Siswa Sd Bina Putra Surabaya Tentang Majalah Dinding Sekolah. Scriptura, 4(2), 78–85. https://doi.org/10.9744/scriptura.4.2.78-86
Siswoyo, H., 2018, Sekolah Minggu Sebagai Sarana Dalam Membentuk Iman. SANCTUM DOMINE: Jurnal Teologi, 7(1), 121–134. https://doi.org/10.46495/sdjt.v7i1.47
Situmorang, I., Sitompul, H. S., & Tuty, T., 2025, Pembuatan Mading Sekolah untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP Methodist Pematang Siantar. Pengabdian Pendidikan Indonesia, 2(03), 82–87. https://doi.org/10.47709/ppi.v2i03.4988
Sriyulianingsih, Fahrurrozzi, & Utami, N. C. M., 2023, Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Deskripsi Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 360–373. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5329
Supardi. (2020). Landasan Pengembangan Bahan Ajar. https://books.google.co.id/books?id=orQPEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=BAHAN+AJAR&hl=jv&sa=X&ved=2ahUKEwie783e8azwAhWWaCsKHZ51AikQ6AEwAXoECAAQAg#v=onepage&q=BAHAN AJAR&f=false
Supriyadi, H., Santoso, J. E., Rustinar, E., & Pratitis, D. (2023). Pendampingan Pembuatan Majalah Dinding. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia, 2(1), 207–212. https://journal-mandiracendikia.com/index.php/pkm%0APE
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Candra Wijaya, Andika Eka Prasetiya, Maria Fransisca Andanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.