Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Mading bagi Pembina Sekolah Minggu Vihara Sasana Dhamma Java Dvipa
Keywords:
Bahan ajar, Majalah Dinding, Sekolah Minggu BuddhisAbstract
Bahan ajar menjadi bagian integral dalam proses pembelajaran. Guru semakin dituntut untuk dapat menciptakan bahan ajar yang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa. Tidak adanya bahan ajar kreatif menjadi tantangan dalam proses pembelajaran di Sekolah Minggu Buddhis (SMB) Vihara Sasana Dhamma Java Dvipa. Oleh karena itu diperlukan pelatihan kepada pembina SMB dalam menyusun dan mengembangkan mading sebagai bahan ajar alternatif yang menarik dan kontekstual. Metode kegiatan mencakup tahap persiapan, pemaparan materi kepada pembina, uji coba penggunaan mading dalam pembelajaran, dan evaluasi. Materi pelatihan meliputi pengertian, fungsi, jenis, manfaat, hingga teknik penyusunan mading. Praktik pembelajaran dilaksanakan oleh pembina dengan menggunakan mading untuk mengajarkan materi Pancasila Buddhis kepada siswa SMB. Evaluasi kegiatan dilakukan setelah praktik pembelajaran dengan metode tanya jawab antara tim pengabdi dengan siswa dan pembina SMB. Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memahami materi dan menyukai pendekatan ini. Sedangkan pembina menilai bahwa mading cukup efektif sebagai bahan ajar.
Downloads
References
Danapriatna, N., Ramadhan, M. F., Putra, P., & Zhafiraah, N. R. (2023). Stunting and Quality of Life: The nexus between Malnutrition, Community Empowerment and Economic Development. Entrepreneurship and Community Development, 1(2), 76–81. https://doi.org/10.58777/ecd.v1i2.134
Efendi, Rinja & Ningsih, Ria, A. (2019). PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH. Pasuruan, Jawa Timur. CV. Penerbit Qiara Media
Fadriati & Rahamafitri, F. (2023). Manajemen Strategi Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Prinsip Kerjasama di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusa. Volume 7 Nomor 3. Halaman 24527-24531
Febriani, S, et al., (2024). MEMBANGUN EMPATI DI LINGKUNGAN SEKOLAH : PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MASYARAKAT YANG BERAGAM. Jurnal Multidisiplin
Inovatif. Vol 8 No. 6.
Ayuni, D. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak usia Dini. Journal of https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.55 Education Research, 2(3)
Zakiyah, S, et al., (2024). Perkembangan Anak pada Masa Sekolah Dasar. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 3 No. 1. 71-79
Yuningsih, S, et al., (2023). EDUKASI PENCEGAHAN BULLYING MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI ASERTIF BAGI SISWA DI SDN PAMULANG INDAH KOTA
TANGERANG SELATAN. JAMAS : Jurnal Abdi Masyarakat. Vol. 1 No. 3. Page 227 – 235
Hatta, M. (2017). TINDAKAN PERUNDUNGAN (BULLYING) DALAM DUNIA PENDIDIKAN DITINJAU BERDASARKAN HUKUM PIDANA ISLAM. MIQOT Vol. XLI No. 2
Tarigan, F,A,N, et al., (2025). TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK YANG MENGALAMI PERUNDUNGAN AKIBAT POSTINGAN DI AKUN KEDUA INSTAGRAM. JURNAL MEDIA AKADEMIK (JMA). Vol.3, No.5
Mubarok, M, U. et al., (2024). Sosialisasi Gerakan Anti Bullying sebagai Upaya Peningkatan Kesadaran Anak di SDN Umbul 1 Kabupaten Lumajang. Jurnal Pengabdian Indonesia, Volume: 2, Number 1, Page: 22-33
Natalia, A, et al., (2024) SOSIALISASI ANTI BULLYING SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN TINDAK KEKERASAN PADA PESERTA DIDIK DI SDN 15 MESUJI TIMUR UNTUK MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG AMAN DAN NYAMAN. JURNAL MEDIA AKADEMIK (JMA). Vol.2, No.9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Cindi Putri Wulandari, Winda Mayfarah, Ayu Lestari Asrilda, Puja Irma Yanti, Ratna Sari Dewi, Vera Kristiana, Afni Rosalina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.