Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Mading bagi Pembina Sekolah Minggu Vihara Sasana Dhamma Java Dvipa

Authors

  • Cindi Putri Wulandari Program Studi S1 Pendidikan Keagamaan Buddha, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha (STIAB) Smaratungga
  • Winda Mayfarah Program Studi S1 Pendidikan Keagamaan Buddha, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha (STIAB) Smaratungga
  • Ayu Lestari Asrilda Program Studi S1 Pendidikan Keagamaan Buddha, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha (STIAB) Smaratungga
  • Puja Irma Yanti Program Studi S1 Pendidikan Keagamaan Buddha, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha (STIAB) Smaratungga
  • Ratna Sari Dewi Program Studi S1 Pendidikan Keagamaan Buddha, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha (STIAB) Smaratungga
  • Vera Kristiana Program Studi S1 Pendidikan Keagamaan Buddha, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha (STIAB) Smaratungga
  • Afni Rosalina Program Studi S1 Pendidikan Keagamaan Buddha, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha (STIAB) Smaratungga

Keywords:

Bahan ajar, Majalah Dinding, Sekolah Minggu Buddhis

Abstract

Bahan ajar menjadi bagian integral dalam proses pembelajaran. Guru semakin dituntut untuk dapat menciptakan bahan ajar yang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa. Tidak adanya bahan ajar kreatif menjadi tantangan dalam proses pembelajaran di Sekolah Minggu Buddhis (SMB) Vihara Sasana Dhamma Java Dvipa. Oleh karena itu diperlukan pelatihan kepada pembina SMB dalam menyusun dan mengembangkan mading sebagai bahan ajar alternatif yang menarik dan kontekstual. Metode kegiatan mencakup tahap persiapan, pemaparan materi kepada pembina, uji coba penggunaan mading dalam pembelajaran, dan evaluasi. Materi pelatihan meliputi pengertian, fungsi, jenis, manfaat, hingga teknik penyusunan mading. Praktik pembelajaran dilaksanakan oleh pembina dengan menggunakan mading untuk mengajarkan materi Pancasila Buddhis kepada siswa SMB. Evaluasi kegiatan dilakukan setelah praktik pembelajaran dengan metode tanya jawab antara tim pengabdi dengan siswa dan pembina SMB. Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memahami materi dan menyukai pendekatan ini. Sedangkan pembina menilai bahwa mading cukup efektif sebagai bahan ajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danapriatna, N., Ramadhan, M. F., Putra, P., & Zhafiraah, N. R. (2023). Stunting and Quality of Life: The nexus between Malnutrition, Community Empowerment and Economic Development. Entrepreneurship and Community Development, 1(2), 76–81. https://doi.org/10.58777/ecd.v1i2.134

Efendi, Rinja & Ningsih, Ria, A. (2019). PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH. Pasuruan, Jawa Timur. CV. Penerbit Qiara Media

Fadriati & Rahamafitri, F. (2023). Manajemen Strategi Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Prinsip Kerjasama di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusa. Volume 7 Nomor 3. Halaman 24527-24531

Febriani, S, et al., (2024). MEMBANGUN EMPATI DI LINGKUNGAN SEKOLAH : PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MASYARAKAT YANG BERAGAM. Jurnal Multidisiplin

Inovatif. Vol 8 No. 6.

Ayuni, D. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak usia Dini. Journal of https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.55 Education Research, 2(3)

Zakiyah, S, et al., (2024). Perkembangan Anak pada Masa Sekolah Dasar. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 3 No. 1. 71-79

Yuningsih, S, et al., (2023). EDUKASI PENCEGAHAN BULLYING MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI ASERTIF BAGI SISWA DI SDN PAMULANG INDAH KOTA

TANGERANG SELATAN. JAMAS : Jurnal Abdi Masyarakat. Vol. 1 No. 3. Page 227 – 235

Hatta, M. (2017). TINDAKAN PERUNDUNGAN (BULLYING) DALAM DUNIA PENDIDIKAN DITINJAU BERDASARKAN HUKUM PIDANA ISLAM. MIQOT Vol. XLI No. 2

Tarigan, F,A,N, et al., (2025). TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK YANG MENGALAMI PERUNDUNGAN AKIBAT POSTINGAN DI AKUN KEDUA INSTAGRAM. JURNAL MEDIA AKADEMIK (JMA). Vol.3, No.5

Mubarok, M, U. et al., (2024). Sosialisasi Gerakan Anti Bullying sebagai Upaya Peningkatan Kesadaran Anak di SDN Umbul 1 Kabupaten Lumajang. Jurnal Pengabdian Indonesia, Volume: 2, Number 1, Page: 22-33

Natalia, A, et al., (2024) SOSIALISASI ANTI BULLYING SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN TINDAK KEKERASAN PADA PESERTA DIDIK DI SDN 15 MESUJI TIMUR UNTUK MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG AMAN DAN NYAMAN. JURNAL MEDIA AKADEMIK (JMA). Vol.2, No.9.

Published

2025-10-08

How to Cite

Wulandari, C. P. (2025) “Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Mading bagi Pembina Sekolah Minggu Vihara Sasana Dhamma Java Dvipa”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(02), pp. 48–53. Available at: https://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/1209 (Accessed: 9 October 2025).