Edukasi Pencegahan Bullying pada Siswa SD Negeri 03 Desa Sumber Makmur Melalui Pendekatan Permainan Edukatif
Keywords:
Bullying, Edukasi, Permainan Edukatif, Siswa Sekolah DasarAbstract
Bullying merupakan salah satu bentuk kekerasan yang sering terjadi di lingkungan sekolah dasar dan dapat berdampak negatif terhadap perkembangan psikologis maupun akademik siswa. Edukasi tentang pencegahan bullying perlu diberikan sejak dini dengan metode yang menarik dan sesuai usia. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan pemahaman kepada siswa SDN 03 Desa Sumber Makmur tentang bahaya bullying dan cara mencegahnya melalui pendekatan permainan edukatif. Metode pelaksanaan mencakup penyuluhan interaktif, diskusi kelompok, dan permainan edukatif seperti “Tebak Aksi Anti- Bullying”, Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa tentang konsep bullying, dampaknya, serta sikap untuk menghindarinya. Pendekatan permainan edukatif terbukti efektif dalam menarik perhatian siswa dan membuat proses belajar lebih menyenangkan. Program ini diharapkan menjadi langkah awal dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman.
Downloads
References
Danapriatna, N., Ramadhan, M. F., Putra, P., & Zhafiraah, N. R. (2023). Stunting and Quality of Life: The nexus between Malnutrition, Community Empowerment and Economic Development. Entrepreneurship and Community Development, 1(2), 76–81. https://doi.org/10.58777/ecd.v1i2.134
Efendi, Rinja & Ningsih, Ria, A. (2019). PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH. Pasuruan, Jawa Timur. CV. Penerbit Qiara Media
Fadriati & Rahamafitri, F. (2023). Manajemen Strategi Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Prinsip Kerjasama di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusa. Volume 7 Nomor 3. Halaman 24527-24531
Febriani, S, et al., (2024). MEMBANGUN EMPATI DI LINGKUNGAN SEKOLAH : PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MASYARAKAT YANG BERAGAM. Jurnal Multidisiplin
Inovatif. Vol 8 No. 6.
Ayuni, D. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak usia Dini. Journal of https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.55 Education Research, 2(3)
Zakiyah, S, et al., (2024). Perkembangan Anak pada Masa Sekolah Dasar. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 3 No. 1. 71-79
Yuningsih, S, et al., (2023). EDUKASI PENCEGAHAN BULLYING MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI ASERTIF BAGI SISWA DI SDN PAMULANG INDAH KOTA
TANGERANG SELATAN. JAMAS : Jurnal Abdi Masyarakat. Vol. 1 No. 3. Page 227 – 235
Hatta, M. (2017). TINDAKAN PERUNDUNGAN (BULLYING) DALAM DUNIA PENDIDIKAN DITINJAU BERDASARKAN HUKUM PIDANA ISLAM. MIQOT Vol. XLI No. 2
Tarigan, F,A,N, et al., (2025). TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK YANG MENGALAMI PERUNDUNGAN AKIBAT POSTINGAN DI AKUN KEDUA INSTAGRAM. JURNAL MEDIA AKADEMIK (JMA). Vol.3, No.5
Mubarok, M, U. et al., (2024). Sosialisasi Gerakan Anti Bullying sebagai Upaya Peningkatan Kesadaran Anak di SDN Umbul 1 Kabupaten Lumajang. Jurnal Pengabdian Indonesia, Volume: 2, Number 1, Page: 22-33
Natalia, A, et al., (2024) SOSIALISASI ANTI BULLYING SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN TINDAK KEKERASAN PADA PESERTA DIDIK DI SDN 15 MESUJI TIMUR UNTUK MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG AMAN DAN NYAMAN. JURNAL MEDIA AKADEMIK (JMA). Vol.2, No.9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Cindi Putri Wulandari, Winda Mayfarah, Ayu Lestari Asrilda, Puja Irma Yanti, Ratna Sari Dewi, Vera Kristiana, Afni Rosalina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.












.png)

1.png)




