PENGGUNAAN CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN YANG INOVATIF BAGI PARA GURU DI MIS SYABABUL QORIB PERBAUNGAN
Abstract
Penggunaan Canva sebagai media pembelajaran dapat mempermudah dan menghemat waktu guru dalam mendesain media pembelajaran seperti infografis atau power point dan menjelaskan materi pelajaran. Canva dapat memudahkan siswa dalam memahami pelajaran dikarenakan tampilan teks, animasi, grafik dan lain-lain sesuai dengan tampilan yang diinginkan dan membuat siswa fokus memperhatikan pelajaran karena tampilannya menarik. Dengan canva guru bisa membuat infografis yang berisi materi pembelajaran dengan lebih menarik dan inovatif, sehingga para siswa lebih antusias dan semangat mengikuti proses pembelajaran di kelas. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini bertujuan agar para guru di MIS Syababul Qorib lebih memahami penggunaan media pembelajaran yang relevan dengan teknologi, yakni media canva sebagai dasar dalam membuat desain infografis atau power point yang menarik. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian merupakan salah satu tri dharma perguruan tinggi yang harus dilaksanakan sebagai seorang dosen.
Downloads
References
Irsan, I., Pertiwi, A., & Fina, R. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran inovatif menggunakan canva. Jurnal Abdidas, 2(6), 1412-1417.
Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan media pembelajaran menarik
menggunakan canva untuk optimalisasi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Dan
Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275-281.
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media
pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2),
335-343.
Sari, H. R., & Yatri, I. (2023). Video Animasi Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi
Pendidikan, 2(3), 159-166.
Sari, V. K., Rusdiana, R. Y., & Putri, W. K. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran
menggunakan canva bagi guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Jurnal Pengabdian
Magister Pendidikan IPA, 4(3).
Solihah, S., & Zakiah, N. E. (2022). Pelatihan penggunaan aplikasi canva untuk
mengembangkan kreativitas dalam pemasaran produk UMKM makanan khas daerah
Ciamis. Abdimas Galuh, 4(2), 1041-1050.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran
dasar listrik dan elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan
Informatika), 7(2), 79-85.
Warsita, B. (2009). Strategi pembelajaran dan implikasinya pada peningkatan efektivitas
pembelajaran. Jurnal Teknodik, 064-076.
Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi canva sebagai media
pembelajaran ipa mi/sd. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102-118.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.