Penggunaan Google Classroom bagi Para Guru di Lingkungan Perg. Muhammadiyah MTS Cabang Medan Baru

  • Dara Sawitri Universitas Harapan Medan
Keywords: Pandemi COVID 19, WFH, , Google Classroom

Abstract

Dimasa pandemi COVID 19 seperti saat ini dimana work from home (WFH) menjadi pilihan yang tepat dan juga sangat disarankan oleh pemerintah. WFH disarankan kepada masyarakat mengingat pandemik COVID 19 yang masih terus berlangsung. Diharapkan dengan WFH dapat mengurangi kegiatan bekerja berkumpul bersama. Disektor pendidikan sekolah- sekolah sudah membatasi kegiatan belajar secara Luring ( luar jaringan /tatap muka langsung). Bahkan banyak sekolah yang sudah tutup dan melakukan kegiatan belajar mengajarnya secara daring (dalam jaringan). Walaupun demikian, ada juga sekolah yang bergantian antara luring dengan daring dalam proses belajar mengajarnya. Dalam kegiatan belajar daring para guru dan siswa terkoneksi dengan menngunakan aplikasi. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Google Classroom. Google Classroom adalah layanan gratis yang disediakan oleh Google. Di Google Classroom, guru dapat menugaskan siswanya mengerjaan pekerjaan rumah (PR) melalui penggunaan seluler perangkat iOS dan Android , dan siswa dapat mengirimkan kembali tugas-tugasnya kepada guru. Di Google Classroom kegiatan belajar mengajar tidak menggunakan kertas, semua terkoneksi dengan jaringan internet.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dara Sawitri, Universitas Harapan Medan

Teknik Informatika Universitas Harapan Medan

References

[1] Dhian Deliani, “Working From Home (WFH) Untuk Fungsional Pustakawan Madya, Pustakawan Madya Kementrian Seketariat Negara, 5 Mai 2020. https://Perpustakaan.setneg.go.id. Diakses tgl 16 Juli 2021
[2] H. Aliya, 10 Februari 2021 “ Kenali Google Classroom, Masa Depan Layanan Pengajaran Berbasis OnLine, htpp://www.glints.com/id/lowongan/google-classroom- adalahF4, diakses tgl 8 Juli 2021.
[3] Abdul Barir Hakim, Efektifitas Penggunaan E-learning Moodle Google Classroom Dan Edmodo, Jurnal I-Statement Vol 2 No.1, Tahun 2016, h2.
[4] https://classroom.google.com
Published
2021-07-22
How to Cite
Sawitri, D. (2021) “Penggunaan Google Classroom bagi Para Guru di Lingkungan Perg. Muhammadiyah MTS Cabang Medan Baru”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(01), pp. 38-46. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v3i01.380.