Pemanfaatan Sistem Pemasaran Berbasis Web pada UMKM Dapur Mami Rani
Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat menuntut kita untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Contohnya penggunaan Smartphone. Dengan adanya Smartphone, kita jadi lebih mudah untuk mendapatkan informasi dan juga mendekatkan kita kepada orang yang lokasinya jauh dari kita. Dalam dunia bisnis, penggunaan teknologi Smartphone ini begitu penting karena kita bisa melihat hal-hal menarik yang ingin kita beli melalui, Sosial Media ataupun Digital Marketing lainnya. Permasalahan dalam kegiatan ini adalah bagaimana cara melakukan strategi pemasaran untuk mempertahankan Usaha Dapur Mama Rani dalam hal memasarkan produknya pada masa pandemi. Tujuan dilakukannya program kegiatan ini adalah untuk memasarkan produk dari Dapur Mama Rani secara luas. Menggunaan metode kualitatif yaitu menguraikan data yang dikumpulkan dan dianalisis, subjek penelitian adalah strategi pemasaran terhadap minat beli konsumen dengan objek penelitian kegiatan yaitu UMKM Dapur Mama Rani. Sumber data berasal dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan pemasaran produk. Analisis yang digunakan adalah kualitatif dengan mengumpulkan data-data terkait yang digunakan dengan memasukkan data kedalam Website yang telah dibuat.
Hasil yang kami peroleh adalah Pada website ini dibagian halaman beranda juga ditampilkan kumpulan produk-produk yang dijual juga harganya. Dan juga kolom pencarian apabila kita ingin langsung menemukan produk yang kita cari. Apabila kita mengklik salah satu produk, akan muncul deskripsi dan varian dari produk yang dijual tersebut. Karena melihat dari banyaknya orang di era sekarang mencari informasi melalui Gadget mereka, membuat strategi pemasaran dengan cara ini lebih efisien. Pembuatan Website yang kami lakukan adalah bertujuan untuk memperluas strategi pemasaran pada mitra kami. Saran kami pada Website yang telah kami buat adalah, adanya sistem Check-out, yang mana Pembeli(Customer) dapat membeli langsung melalui Website tersebut.
Downloads
References
Web Pada Rahayu Photo Copy Dengan Database MySQL. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk
Masyarakat , Vol. 10 (No. 4), pp 284-289.
Nurvita, D. S., & Basit, A. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi
Parenting. Communication Journal , Vol. 3 (No. 1), pp 23-36.
Purwanti, N., Irawan, B., & sriono. (2017). Eksplorasi Faktor-Faktor Online Marketing Yang
Memengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Belanja Online Pada Naufal Bag Collection.
e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akutansi , Vol. 4 (No. 1), pp 84-87.
Ratna, R. G. (2019). Implementasi Digital MarketingTerhadap Peningkatan Penjualan Hasil
Home Industri. Jurnal Ilmiah Manajemen , Vol. 10 (No. 1), pp 9-14.
Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro,Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi
Covid-19. Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi , Vol. 19 (No. 1), pp 76-86.
Trio, M. F., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil
Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara ,
Vol. 1 (No. 2), pp 62-76.