Pendampingan Kampung Arek Suroboyo Ramah Perempuan dan Anak (KAS-RPA) RW IV Kelurahan Pakal Surabaya

  • Ukhtian Uula Cahyani Firdaus Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Indria Nuraini Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Anis Rahmana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ida Faizahtun Nafiah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Muhammad Akbar Candra Masfuri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: KAS RPA, kampung ramah, perempuan, anak

Abstract

Kampung kota merupakan suatu lingkup wilayah yang terdapat di perkotaan yang berkembang mengikuti zaman dan diikuti dengan dampak yang berakibat pada masyarakatnya. Kampung hendaknya memiliki perlindungan yang baik bagi warga Masyarakat yang menghuninya. Agar upaya perlindungan terhadap anak dapat optimal maka perlu adanya tindakan nyata dari pemerintah daerah dan peran serta masyarakat. Dengan itu pemerintah kota Surabaya  membentuk program Kampung’e Arek Suroboyo Ramah Perempuan dan Anak (KAS-RPA). Tujuan dari KAS RPA yaitu terciptanya lingkungan kampung yang nyaman, kondusif, responsive, ramah, serta layak anak dan pemberdayaan perempuan. Sasaran dalam program ini meliputi 1 RW yang terdiri minimal 2 RT dengan 5 program kampung yaitu kampung belajar, kampung sehat, kampung asuh, kampung aman, dan kampung kretif-produktif. Metode pengabdian yang dilakukan mahasiswa ialah perizinan ke kelurahan, sosialisasi dengan warga, pengumpulan bukti-bukti, pendampingan, penyusunan portofolio dan evaluasi Selanjutnya dari kelima program tersebut dipilah dan dipilih kegiatan yang ada dan yang baru diadakan saat program ini berjalan, diantaranya sosialisasi terkait penggunaan internet di kalangan anak-anak RW IV, data anak yang diasuh oleh tetangga dan kakek neneknya, dll. Dengan mengikuti program ini RW. IV, Kel. Pakal bertekad untuk menjadi salah satu kampung yang nyaman, responsive, kondusif, ramah, serta layak bagi hak anak dan pemberdayaan perempuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Heryati. (2011). Kampung Kota sebagai bagian dari Permukiman Kota Studi Kasus : Tipologi Permukiman Rw 01 Rt 02 Kelurahan Limba B dan Rw 04 Rt 04 Kel. Biawu Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Jurnal Universitas Negeri Gorontalo, 11–13. Retrieved from https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIN/article/view/728/671
Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., غسان, د., Taniredja, T., et al. (2016). Kampung Kota Sebagai Sebuah Titik Tolak dalam Membentuk Urbanitas dan Ruang Kota Berkelanjutan. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.
Nazaruddin, A. F. (2017). Di Kota Malang, 15(2), 1–60.
Nisfah, N. L., Putri, F. K. A., & Nashiruddin, A. (2023). Kampung Sehat Ramah Anak; Peningkatan Hidup Bersih dan Sehat di Desa Sumberrejo. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–10.
Nurcahyanti, D., Sachari, A., & Destiarmand, A. H. (2020). Peran Kearifan Lokal Masyarakat Jawa Untuk Melestarikan Batik Tradisi di Girilayu, Karanganyar, Indonesia. Mudra Jurnal Seni Budaya, 35(2), 145–153.
Pemerintah Kota Surabaya. (2011). Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 5 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.
Review, A. (2020). Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada Permasalahan Stunting dan Pencegahannya Pendahuluan, 11(1), 225–229.
Surabaya, P. K. (2023). PANDUAN PROGRAM ( KAS-RPA / KARE SUPER ENAK ).
Sutanto. (1995). Teori dan citra kota. Mengenali dan Memetakan Permukiman Kumuh berdasarkan Foto Udara Skala Besar, 53(9), 1689–1699.
Widjajanti, W. W. (2013). Menciptakan Kampung Kota Sebagai Hunian yang Ramah dalam Konteks Urban di Surabaya Studi Kasus: Kampung Kota di Kawasan Tunjungan dan sekitarnya. Jurnal Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, 4. Retrieved from https://jurnal.itats.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Menciptakan-Kampung-Kota-sebagai-Hunian-yang-Ramah-dalam-Konteks-Urban-di-Surabaya-_2001_.pdf
Published
2024-02-13
How to Cite
Firdaus, U. U., Nuraini, I., Rahmana, A., Faizahtun Nafiah, I. and Akbar Candra Masfuri, M. (2024) “Pendampingan Kampung Arek Suroboyo Ramah Perempuan dan Anak (KAS-RPA) RW IV Kelurahan Pakal Surabaya”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(02), pp. 68-75. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v5i02.808.