Pengenalan Komputer bagi Anak-anak di Pasar 3 Dusun XI Mariendal

  • Nur Wulan Universitas Harapan Medan
  • Sumi Khairani Universitas Harapan Medan
  • Ika Sari Universitas Harapan Medan
  • Dharmawati Dharmawati4 Universitas Harapan Medan
  • Ummul Khair Universitas Harapan Medan
  • Sahmiar Pulungan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Komputer, Teknologi, Informasi

Abstract

Perkembangan teknologi khususnya computer tidak hanya dapat dinikmati pada kalangan dewasa, tetapi sudah menjamur pada anak usia dini. Akan tetapi kebanyakan orang tua saat ini merasa serba salah jika anak mereka bersahabat dengan komputer. Di satu sisi mereka ingin anank mereka tidak gagap teknologi da bias belajar banyak melalui komputer, akan tetapi di sisi lain mereka khawatir dengan dampak negative yang sering ditimbulkan dari penggunaan komputer yang tidak tepat. Akhir-akhir ini perkembangan teknologi sangat pesat contohnya seperti games, musik, video, handphone, internet dsb. Teknologi bukanlah sesuatu yang mutlak bermanfaat, teknologi tetap ada sisi buruknya. Bisa diibaratkan pisau, teknologi jika digunakan di jalan yang benar maka akan membawa manfaat, namun jika disalah gunakan akan membawa mudharat. Akibat pesatnya teknologi tersebut membuat kita menjadi sangat tergantung dengan yang namanya teknologi, terutama internet. Bagi sebagian orang kadar kebahagiaan diukur dengan koneksi internet tanpa batas selama 1x 24 jam x 30 hari x 12 bulan dan seterusnya. Kini teknologi informasi berkembang begitu cepat seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan. Teknologi informasi dan komunikasi ini memiliki banyak sekali peranan dan dampaknya dalam berbagai bidang, terutama pada bidang hiburan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa Noor, Noor Padilah, Reni Rulita, Renny Yuniar, 2022. Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Indonesia 3(9):837-849
Asmawati Luluk, 2021, Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini, Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(1):82-96.
Hamxah B, Nurdin Mohammad, 2013, Belajar dengan Pendekatan Pailkem, Jakarta: Bumi Aksara
Nurjanah Novita Eka, Tsali Tsatul Mukaromah, 2021, Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0: Studi Literatur, Jurnal Ilmiah Potensia, 2021, Vol. 6 (1), 66-77.
Ulfah Maria, Sarifuddin, 2018, Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran, Jurnal SUHUF, Vol. 30, No. 1, Mei 2018 : 35-56.
Yati, 2017, Pengenalan Komputer, Yogyakarta: Andi Offset.
https://www.slideshare.net/mn_maps/day-2-hardware-software, diakses pada 28 Juli 2023.
Published
2024-02-14
How to Cite
Wulan, N., Khairani, S., Sari, I., Dharmawati4D., Khair, U. and Pulungan, S. (2024) “Pengenalan Komputer bagi Anak-anak di Pasar 3 Dusun XI Mariendal”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(02), pp. 76-80. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v5i02.880.