Pemanfaatan Kecerdasan Artifisial (AI) untuk Perancangan Pembelajaran dan Pembuatan Media Ajar Inovatif bagi Guru

Penulis

  • Wisnu Rayhan Adhitya Universitas Negeri Medan
  • Tiara Reizsa Adhitya Universitas Sumatera Utara
  • Dody Hidayat Universitas Harapan Medan

DOI:

https://doi.org/10.35447/prioritas.v7i01.1166

Kata Kunci:

Kecerdasan Artifisial Generatif, Pelatihan Guru, Media Pembelajaran, Inovasi Pendidikan, Perancangan Pembelajaran

Abstrak

Transformasi digital dalam dunia pendidikan menuntut guru untuk mengadopsi teknologi inovatif guna meningkatkan kualitas pembelajaran. Kecerdasan Artifisial (AI) Generatif menawarkan potensi besar untuk membantu guru dalam merancang pembelajaran dan membuat media ajar yang lebih optimal dan kreatif. Namun, pemahaman dan keterampilan guru dalam memanfaatkan tools AI Generatif seringkali masih terbatas. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konseptual dan keterampilan praktis guru di Yayasan Pendidikan Ar-Rahman Medan dalam memanfaatkan AI Generatif untuk optimalisasi perancangan pembelajaran dan pembuatan media ajar inovatif. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi survei awal, workshop intensif selama 2 hari yang mencakup pemaparan materi, demonstrasi tools AI (seperti ChatGPT, Canva AI, Pictory AI), sesi praktik terbimbing (hands-on), diskusi, serta pendampingan pasca-workshop. Evaluasi dilakukan melalui pre-test, post-test, observasi, analisis produk, dan kuesioner kepuasan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konseptual peserta mengenai AI Generatif, yang dibuktikan dengan peningkatan rata-rata skor post-test sebesar dibandingkan pre-test. Peserta juga menunjukkan peningkatan keterampilan praktis dalam menggunakan berbagai tools AI untuk merancang komponen pembelajaran dan menghasilkan media ajar inovatif. Tingkat kepuasan peserta terhadap pelaksanaan workshop sangat tinggi, dengan rata-rata skor. Disimpulkan bahwa pelatihan pemanfaatan AI Generatif efektif dalam meningkatkan kompetensi guru dan menjawab kebutuhan akan inovasi pembelajaran di era digital. Disarankan adanya program pelatihan berjenjang dan dukungan institusional untuk keberlanjutan implementasi.

Kata Kunci: Kecerdasan Artifisial Generatif, Pelatihan Guru, Media Pembelajaran, Inovasi Pendidikan, Perancangan Pembelajaran

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hafiz, A., Mu’ti, A., & Amirrachman, A. (2024). Pengembangan media pembelajaran Agama Islam berbasis kecerdasan buatan: Perspektif Pendidikan Agama Islam. Mauriduna: Journal of Islamic Studies, 5(1). https://doi.org/10.37274/mauriduna.v5i1.1070
Lismayani, A., Asti, A., Herman, H., Kurnia, R., & Dzulfadhilah, F. (2024). PKM pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan Canva berbasis Artificial Intelligency (AI) bagi guru PAUD. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.35580/jhp2m.v3i2.4687
Pamungkas, Y., Sain, A. A., Putri, Z. N., Larasati, A. P., Iqbal, M., Risald, R. A., Kendenan, V., Rachmadiana, J. L., Ginting, T. A. P., Nur, R. A., & Balqis, D. S. (2024). Pelatihan pengembangan media ajar berbasis tools Artificial Intelligence untuk guru di SMAN 1 Probolinggo. SEWAGATI, 8(3). https://doi.org/10.12962/j26139960.v8i3.1022
Putri, I. P., Marcelina, D., Yulianti, E., & Saluza, I. (2024). Pelatihan pembuatan materi ajar menggunakan PopAi di SD Negeri 13 Palembang. Abdimas Galuh, 6(2). https://doi.org/10.25157/ag.v6i2.15981
Safitri, Y. A., Sufia, R., Nasution, L. A., Pasongli, H., Aryuni, V., Marthinu, E., Nuri, R., & Adjam, S. (2025). Revitalisasi media pembelajaran menggunakan Canva & Wepik berbasis AI dalam MGMP Geografi SMA Kota Ternate. Room of Civil Society Development. https://doi.org/10.59110/rcsd.613
Supriyadi, A., Firdaus, N., Yusfida, F., & Hartatik, H. (2024). Literasi data dan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis Artificial Intelligence bagi pengajar SMA Negeri 2 Surakarta. Indonesian Journal of Community Services, 6(2), 201–208. https://doi.org/10.30659/ijocs.6.2.201-208
Surya, I., Syaliman, K. U., & Hidayat, E. (2024). Pelatihan dan pengembangan media pembelajaran bagi guru bidang studi pada SMAN 5 Pekanbaru berbasis AI. J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.33372/j-pemas.v5i1.1104
Suryani, S., & Santi, S. (2023). Peningkatan kemampuan tenaga pengajar dalam tata kelola nilai siswa dan pembuatan bahan ajar cerdas di SMA Negeri 6 Barru. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 8(4). https://doi.org/10.36312/linov.v8i4.1543
Suyitno, S. (2024). Diklat Nasional Online untuk menyusun modul ajar berbasis AI, media pembelajaran interaktif dan assesmen dalam Kurikulum Nasional. Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(5). https://doi.org/10.55824/jpm.v3i5.442
Utami, P. Y., Hakiki, M., & Ruhama', U. (2024). Peningkatan kapasitas guru SMA Muhammadiyah 2 melalui rancangan pembelajaran based Artifical Intelligence. Jurnal Abdi Insani, 11(4). https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i4.2010

Diterbitkan

2025-03-31

Cara Mengutip

Adhitya, W. R., Adhitya, T. R. dan Dody Hidayat (2025) “Pemanfaatan Kecerdasan Artifisial (AI) untuk Perancangan Pembelajaran dan Pembuatan Media Ajar Inovatif bagi Guru”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(01), hlm. 83–94. doi: 10.35447/prioritas.v7i01.1166.