PKM Pemanfaatan Aplikasi Augmented Reality Interaktif Dalam Pembelajaran Pra Literasi dan Pra Numerasi Anak Usia Dini Pada TK Amanda Sibolga

Penulis

  • Azanuddin Politeknik Negeri Medan
  • Yunita Sari Siregar Politeknik Negeri Medan
  • Amir Saleh Politeknik Negeri Medan
  • Miftahul Jannah Politeknik Negeri Medan
  • Almerinda Regina Puspa Sari Damanik Politeknik Negeri Medan

Kata Kunci:

Augmented Reality, Pembelajaran Interaktif, Pra Literasi, Pra Numerasi, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran interaktif bagi anak usia dini, khususnya dalam pengenalan huruf dan angka pada tahap pra-literasi dan pra-numerasi. Mitra kegiatan, TK Amanda Sibolga di Kota Sibolga, menghadapi kendala kurangnya media pembelajaran digital yang menarik dan interaktif. Proses belajar masih bersifat konvensional sehingga anak-anak mudah bosan dan guru kesulitan menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan. Solusi yang ditawarkan adalah pengembangan aplikasi AR berbasis Android yang menampilkan huruf dan angka dalam bentuk tiga dimensi (3D) melalui kartu bergambar (flashcard) sebagai penanda (marker). Saat dipindai dengan kamera ponsel, objek huruf dan angka akan muncul dalam bentuk animasi berwarna cerah, sehingga menarik perhatian anak dan membantu memahami konsep dasar dengan cara visual dan menyenangkan. Kegiatan dilaksanakan melalui tahapan observasi, pelatihan guru, penerapan aplikasi di kelas, serta evaluasi hasil pembelajaran. Guru diberikan pendampingan untuk mengoperasikan aplikasi dan mengintegrasikannya dalam kegiatan belajar. Hasil menunjukkan peningkatan minat dan partisipasi anak dalam mengenal huruf dan angka, serta meningkatnya kemampuan guru dalam menggunakan teknologi pembelajaran. Program ini menjadi langkah nyata dalam mendukung transformasi digital pendidikan anak usia dini dan memperkuat peran perguruan tinggi dalam pemerataan akses teknologi di daerah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

R. Novianti and N. Pratiwi, “Augmented Reality ( AR ) Media to Stimulate Early Reading Skills in Early Childhood,” vol. 19, no. 2, 2024.

I. Zahro and H. Siswono, “Integrating Augmented Reality ( AR ) and Artificial Intelligence ( AI ) Based Learning Media in Early Childhood English Language Introduction,” vol. 8, no. 1, pp. 40–49, 2025.

M. akhmani Akhmani and Muhammad Fachrie, “Aplikasi belajar huruf dan angka pada anak usia dini berbasisi augmented reality,” INFOTECH J. Inform. Teknol., vol. 4, no. 2, pp. 212–223, 2023, doi: 10.37373/infotech.v4i2.857.

P. Harliana, N. A. Farhana, Y. S. Siregar, R. A. Ramadhan, and W. A. S, “Tekmulogi : Jurnal Pengabdian Masyarakat Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality pada Pengenalan Calistung untuk Rumah Edukasi Anak Pesisir Desa Percut Tekmulogi : Jurnal Pengabdian Masyarakat Interactive Learning Media Application Based on Augmented Reality in the Introduction of Calistung for the Educational Home for Coastal Children in Percut Village,” vol. 4, no. April, pp. 11–18, 2024.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-03

Cara Mengutip

Azanuddin (2025) “PKM Pemanfaatan Aplikasi Augmented Reality Interaktif Dalam Pembelajaran Pra Literasi dan Pra Numerasi Anak Usia Dini Pada TK Amanda Sibolga”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(02), hlm. 73–39. Tersedia pada: https://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/1244 (Diakses: 8 November 2025).