Pembuatan Panel ATS - AMF (Automatic Transfer Switch - Automatic Main Failure) dan Menggunakan Pendeteksi Beban Lebih

  • Andro Wicaksono Universitas Harapan Medan
  • Ahmad Yanie Universitas Harapan Medan
  • Yussa Ananda Universitas Harapan Medan
Keywords: Perancangan, Panel Listrik, ATS (Automatic Transfer Switch) dan AMF(Automatic Main Failure).

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun suatu alat panel listrik ATS(Automatic Transfer Switch) AMF (Automatic Main Failure) ketika aliran listrik PLN padam maka secara otomatis Genset akan hidup dan aliran listrik akan berpindah ke Genset, ketika PLN kembali menyala maka aliran listrik secara otomatis akan berpindah lagi ke PLN sedangkan Genset akan mati secara otomatis tanpa adanya campur tangan dari operator. Pada beberapa gedung dan rumah mungkin memiliki Generator set (Genset) yang dapat digunakan sebagai sumber listrik cadangan pada saat terjadi pemadaman listik oleh PLN. Akan tetapi Genset yang digunakan masih secara manual dalam sistem pengoperasiaanya, Sistem pengoperasiaanya ini dinilai masih kurang modern dan praktis karena memerlukan waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk mengaktifkan generator set (genset), untuk itu dibuat alat ATS (Automatic Transfer Switch) dan AMF (Automatic Main Failure). Panel listrik ATS – AMF adalah kepanjangan dari (Automatic Transfer Switch) - (Automatic Main Failure). Pemakaian ATS pada instalasi dalam gedung untuk mengantisipasi pada saat PLN mengalami pemadaman dalam mensuplai sumber daya listrik. disini peranan ATS adalah memindahkan secara otomatis distribusi dari PLN ke Genset, sehingga Genset tersebut dapat menggantikan peranan dari PLN. Selanjutnya apabila PLN kembali normal, maka fungsi ATS secara otomatis memindahkan distribusi daya listrik dari Genset ke PLN. Sedangkan peranan AMF ialah menghidupkan atau mematikan (on-off) Engine Genset secara otomatis tanpa campur tangan manusia. Hasil penelitian pada panel listrik ATS – AMF ini perpindahan sumber PLN ke sumber Genset rata-rata memerlukan waktu 5,23 detik sedangkan perpindahan sumber Genset ke sumber PLN rata-rata memerlukan waktu 3,25 detik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] SITOMPUL, FAISAL AKBAR. Analisa Proteksi Overcurrent Relay pada Jaringan Tegangan Menengah 20kV di Pelindo 1 Cabang Belawan. Diss. UMSU, 2020.

[2] Nindy Zoraya, “Pengertian ,Sistematika, dan contoh Rancangan penelitian”
https://nindyzoraya.wordpress.com/2012/04/20/pengertian-sistematika-dan-contoh
rancangan-penelitian/

[3] Santosa, Enggar T dkk. 2011. Rancangan Dasar Sistem Automatic Main Failure dan Automatic Transfer Switch untuk Ruang Pertemuan Gedung 71, PRPN- BATAN.

[4] Sudiharto,Indhana dkk. 2011. Rancang Bangun Sistem Automatic Transfer Switch
(ATS) dan Automatic Main Failure (AMF) PLN - Genset Berbasis Plc Dilengkapi
Dengan Monitoring. Jurnal Jurusan Teknik Elektro Industri PENS-ITS, Surabaya.

[5] Roza, Indra, Lisa Adriana Siregar, and Agus Almi Nasution. "MEMPERKECIL PERSENTASE JATUH TEGANGAN PADA PENYULANG 20 KV GARDU INDUK PT. PLN (PERSERO)." Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU. Vol. 3. No. 1. 2020.
[6] Egineeringbuilding. Panel ats dan amf. http://egineeringbuilding.blogspot.com/2011/02/panel-ats-dan-amf.html,
[7] Yanie,A., Erwin., Matondang,S,I.(2022), Pengaruh Beban Induktif Terhadap Sistem Tenaga Listrik. Buletin Utama Teknik, Vol 17(2).
[8]dSukasukapaktri.Selectorswitch. http://sukasukapaktri.blogspot.com/2013/06/selector-switch.html,
[9]xAhmadaminudin.Pengertiankontaktormagnetik. http://ahmadaminudin3l1.blogspot.com/2012/02/pengertian-kontaktor- magnetik.html
[10] Trikueni desain sistem. Pengertian MCB. http://trikueni-desain- sistem.blogspot.com/2014/04/pengertian-MCB.html

[11] Dg.Patabo, M. (2020). Perancangan Listrik Lanjutan.
[12] Gunawan, E. (2017). RANCANGAN INSTALASI LAMPU PENERANGAN JALAN UMUM DENGAN SISTEM KONTAKTOR DAN TIMER. Jurnal Cahaya Bagaskara.
[13] Ismail, F. N. (2011). Perencanaan instalasi sistem pengasutan langsung motor dahlander dengan dua arah putar pada motor control center.
[14] Primana, A. P. (2019). Instalasi Motor Listrik. Kuantum Buku Sejahtera.
Published
2024-07-20
How to Cite
Wicaksono, A., Yanie, A., & Ananda, Y. (2024, July 20). Pembuatan Panel ATS - AMF (Automatic Transfer Switch - Automatic Main Failure) dan Menggunakan Pendeteksi Beban Lebih. Journal of Telecommunication and Electrical Scientific, 1(02), 102-111. https://doi.org/https://doi.org/10.24010/jtels.v1i02.882