Study Analisis Penghematan Daya Listrik dan Pengaruhnya Terhadap Pemakaian Beban Rumah Tangga

  • Alexius Purba Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Muhammad Khoiri Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Zuraidah Tharo Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Ahsani Taqwim Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Angga Maulana Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Samuel Pane Universitas Pembangunan Panca Budi
Keywords: Energi Listrik, Penghematan, Rumah Tangga

Abstract

Upaya penghematan energi merupakan suatu yang harus didukung oleh seluruh lapisan masyarakat khususnya dimulai oleh setiap instrument dalam anggota rumah tangga. Para pengamat dan pakar energi menyatakan bahwa kontribusi sektor domestik atau rumah tangga dalam program penghematan konsumsi energi listrik cukup signifikan karena persentase jumlah pelanggan rumah tangga yang relatif tinggi. Penelitian ini menganalisis tentang potensi persentase penghematan energi listrik sektor rumah tangga terhadap penghematan listrik dalam kurun waktu perhari bahkan pertahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa energi listrik yang biasa digunakan pada rumah tangga masih memiliki potensi untuk dilakukan penghematan tanpa mengurangi produktivitas dari sebuah rumah tangga. Perangkat listrik yang sering digunakan pada rumah tangga dan memiliki potensi penghematan yang besar adalah alat pendingin ruangan (AC) dan kulkas. Bila setiap pelanggan rumah tangga melakukan penghematan konsumsi energi listriknya sebesar 10%, maka pasokan listrik yang dapat dihemat adalah sekitar 6.382 watt/minggu atau sama dengan 331. 864 watt/tahun. Upaya ini tentunya akan membantu pemerintah dalam pemerataan penyaluran setiap anggota rumah tangga di seluruh Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abadi, R. Teori Segitiga Daya.
Elyza, R. (2004). Menghemat Energi pada Indusri Perhotelan.
Hasan M.H., Mahlia T.M.I., Nur. H. (2012) A Review on Energy Scenario and Sustain Able Energi in Indonesia.
Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral. (2017). Capaian 2017 dan Outlook 2018 Subsektor Ketenagalistrikan dan EBTKE.
Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral. (2023). Diskripsi Umum Konservasi Energi. Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral. (2023). Statistik Ketenagalistrikan 2023. Direktorat
Jendral Ketenagalistrikan ESDM. Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral. (2023). Pemenuhan Energi Listrik.
Yuliati L.N., M.D. Djamaludin, A.M. Saro. (2011) . Analisis Sikap dan Perilaku Penghematan Listrik pada Sektor Rumah Tangga. Jurnal Ilm.Kel. & Kons.
Arief, Dwi Santoso; Salim, Muhammad Agus. Penghematan Rumah Tangga dalam Menunjang Kestabilan Energi Nasional dan Kelestarian Lingkungan.
Wahid, Ahmad, Junaidi, dan M Arsyad, 2014, Analisis Kapasitas Dan Kebutuhan Daya Listrik Untuk Menghemat Penggunaan Energi Listrik Di Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura, Jurnal Teknik Elektro UNTAN 2(1): 10.
Saifuddin, M Abdu H, Idham A Djufri, M Natsir Rahman, dan A Suplai Daya Listrik, 2018, Pada Gedung Kantor Bupati Kabupaten, Jurnal PROtek 05(1): 49–57.
Belo, Tomas Da Costa, Didik Notosudjono, dan Dede Suhendi, 2016, Analisa Kebutuhan Daya Listrik di Gedung Perkuliahan 10 Lantai Universitas Pakuan Bogor, Jurnal Online Mahasiswa (JOM) 1(1): 1–10.
Mulyani, Dini, dan Djoni Hartono, 2018, Pengaruh Efisiensi Energi Listrik pada Sektor Industri dan Komersial terhadap Permintaan Listrik di Indonesia, Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan.
Suprianto. (2015). Pengertian Daya Semu, Daya Nyata dan Daya Reaktif. http://blog.unnes.ac.id/antosupri/pengertian-daya-semu-daya-nyata-dan-daya-reaktif.
Published
2024-07-19
How to Cite
Purba, A., Khoiri, M., Tharo, Z., Taqwim, A., Maulana, A., & Pane, S. (2024, July 19). Study Analisis Penghematan Daya Listrik dan Pengaruhnya Terhadap Pemakaian Beban Rumah Tangga. Journal of Telecommunication and Electrical Scientific, 1(02), 74-83. https://doi.org/https://doi.org/10.24010/jtels.v1i02.937