Perlunya Inovasi, Kreativitas, dan Pemasaran Online dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Penjahit Keriahen

  • Bunga Aditi Universitas Harapan Medan
  • H. M. Hermansyur Universitas Harapan Medan
  • Hafizah Hafizah Universitas Harapan Medan
  • Muller Tamba Universitas Harapan Medan
Keywords: pemasaran digital, UMKM, omset penjualan, inovasi

Abstract

Peranan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tidak dapat dipisahkan dari upaya para Stakeholder terkait untuk mewujudkan pertumbuhan sekaligus mengangkat kesejahteraan para pelaku UMKM. Salah satu indikator meningkatnya kesejahteraan pelaku UMKM, adalah dengan meningkatnya omset penjualan. Kondisi ini diharapkan dapat tercapai, dengan memaksimalkan strategi pemasaran online, yang di-desain khusus untuk para pelaku UMKM dan saat ini penjahit keriahen juga sedang menerapkan pemasaran online untuk memasarkan produknya agar lebih banyak diketahui oleh orang lain melalui media sosial seperti facebook, whatsapp, instagram dan media sosial lainnya. Dengan terus berinovasi dan berkreativitas terhadap produk – produknya dan mengikuti gaya trend kekinian yang disukai oleh seluruh kalangan seperti anak muda maupun ibu rumah tangga.  Hal ini menjadi penting, karena percepatan teknologi yang bergerak sangat cepat, menyebabkan perubahan perilaku konsumen dalam memilih dan melakukan transaksi jual beli. Situasi inilah yang mendorong UMKM harus mampu berbenah dan melakukan inovasi, untuk tidak hanya sekedar bertahan, tetapi juga mampu menikmati keuntungan finansial dari perubahan teknologi yang terjadi saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Bunga Aditi, Universitas Harapan Medan

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Harapan

H. M. Hermansyur, Universitas Harapan Medan

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Harapan

Hafizah Hafizah, Universitas Harapan Medan

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Harapan

Muller Tamba, Universitas Harapan Medan

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Harapan

References

Barnes dan vidgen, An Integrative Approach To The Assessment Of E-Commerce
Quality(Online),(http://researchgate.net/publication/220437491_an_integrative_approach_to_the_ assessment. (Diakses 4 Mei 2015).
Basu swastha, Azaz-azaz Marketing ( Yogyakarta: Liberty Yogyakarta, 2004), 404.
Carmine Gallo, Rahasia Inovasi Steve Job (America YorK: Erlangga, 2010), 2.
Christina Whidya Utami, Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di
Indonesia (Jakarta: Salemba Empat, 2010), 58.
Davila, dkk, Profit-Making Innovation (Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer, 2006), 1.
E.Jorome. Mc.Carthy dan Willimam D. Pereault, Dasar – Dasar Pemasaran (Jakarta: PT
Gelora Aksara Pratama, 1993), 294.
Endah Prapti Lestari, Pemasaran stategik (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011), 1.
http://economy.okezone.com/read/2015/03/01/320/704303/indonesia-tak-cuma-bermimpi-miliki-2-pengusaha.
Js. Badudu. Kamus Kata-Kata Serapan Asing Dalam Bahasa Indonesia (Jakarta: Penerbit
Buku Kompas, 2003), 336.
M. Suyanto, Marketing Strategi Top Brand Indonesia ( Yogyakarta: ANDI, 2007), 195.
Murti Sumarni,dan Jhon Soeprihanto, Pengantar Bisnis ( Yogyakarta: Liberty, 1998),261.
Murti Sumarni, dkk. Pengantar Bisnis (Yogyakarta : Liberty Yogyakarta, 1988) , 294
Philip Kotler, Manajemen Pemasaran ( Jakarta: PT Prenhalindo, 2005), 357.
Philip Kotler, Prinsip – Prinsip Pemasaran (Jakarta : Erlangga, 2007), 36.
Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, Edisi 8 (Indonesia: Salemba empat, 1994), 8.
Randall S. Schuler dan Susan E. Jackson, Manajemen Sumber Daya Manusia (Jakarta :
Erlangga, 1996 ), 65.
Sahirul Alim, Menguak Keterpaduan Sains, Teknologi dan Islam (Yogyakarta: Dinamika,
1996), 5
Tamamudin, Analisis Pengaruh Merk, Persepsi, Harapan Konsumen dan Inovasi Produk
Terhadap Keputusan Membeli dan Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen, 2012, 283- 300, jurnal penelitian.
www.doblin.com. Diunduh 18 Mei 2015, pukul : 08.00 WIB.
Published
2020-03-19
How to Cite
Aditi, B., Hermansyur, H., Hafizah, H. and Tamba, M. (2020) “Perlunya Inovasi, Kreativitas, dan Pemasaran Online dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Penjahit Keriahen”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), pp. 42-51. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v1i01.146.