Digitalisasi UMKM dengan Penguatan Media Sosial pada Kelompok UMKM di Kelurahan Pelawi Utara, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara

  • Ahmad Fadlan Universitas Pembangunan Panca Budi
Keywords: Kata kunci: Pemasaran Digital, Digitalisasi, UMKM

Abstract

Semakin berkembangnya digitalisasi pada banyak aspek, maka hal ini juga berdampak pada sektor UMKM. Permasalahan yang dihadapi para pelaku UMKM di Kelurahan Pelawi Utara adalah minimnya pengetahuan mereka tentang media sosial yang dapat digunakan untuk menjual lebih banyak produk UMKM secara online. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah sistem tindakan dan pembelajaran partisipatif, atau metode PLA (Participatory Learning and Action). Setelah dilaksanakannya sosialisasi di desa tersebut, hasil yang didapat adalah adanya peningkatan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan para pelaku UMKM dalam membuat dan menggunakan akun Facebook sebagai media mempromosikan dan menjual produk mereka. Peningkatan tersebut dapat ditunjukkan dari hasil kegiatan setelah sosialisasi yang meliputi: para pelaku UMKM termotivasi untuk mencoba mengenal teknologi dalam pemasaran produk, para pelaku UMKM berhasil membuat dan menggunakan akun Facebook serta mereka mulai menjual produknya secara online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] R. Soesilo, and L. R. R. U. Tampubolon, “Analysis Transformation and Digitalization of MSMEs (Literature Review),” Formosa Journal of Multidisciplinary Research, vol. 2, no. 3, pp. 649–658, 2023, https://doi.org/10.55927/fjmr.v2i3.3660

[2] Gartner, IT glossary: Digitalization, 2018, https://www.gartner.com/it-glossary/digitalization

[3] M. Matarazzo, L. Penco, and G. Profumo, “How is digital transformation changing business models and internation alisation in Made in Italy SMEs?”, Sinergie Italian Journal of Management, vol. 38, pp. 89–107, 2020

[4] Mindarto. “Kerangka Acuan Esai Bidang Studi Strategi”, Lemhannas RI, 2020

[5] M. M. Feliciano-Cestero, N. Ameen, M. Kotabe, J. Paul, and M. Signoret, “Is digital
transformation threatened? A systematic literature review of the factors influencing firms’ digital transformation and internationalization”, Journal of Business Research, vol. 157, 2023, https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.113546

[6] B. Sui, and L. Yao, “The impact of digital transformation on corporate financialization:
The mediating effect of green technology innovation”, Innovation and Green Development, vol. 2, no. 1, 2023, https://doi.org/10.1016/j.igd.2022.100032

[7] A. Fadlan, R. P. Lubis, and K. A. Sinulingga, “The Digitalization of MSMEs in Pelawi Utara
District, Langkat Regency: Opportunities and Challenges,” Best Journal of Administration and Management (BEJAM), vol. 2, no. 2, pp. 64–70, 2023, [Online]. Available: https://internationalpublisher.id/journal/index.php/Bejam

[8] R. P. Astuti, K. Kartono, and R. Rahmadi, “Pengembangan UMKM melalui Digitalisasi Teknologi dan Integrasi Akses Permodalan,” ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 8, no. 2, pp. 248–256, Jun. 2020, doi: 10.29313/ethos.v8i2.5764

[9] R. Vita Losi, E. Putra, S. Rosida, B. Sendy, and R. Indriani, “SOSIALISASI
PEMANFAATAN MOBILE-ASSISTED LANGUAGE LEARNING (MALL) SEBAGAI
MEDIA BELAJAR DIGITAL UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN
BERBAHASA INGGRIS REMAJA DI DESA BESILAM,” Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti,
vol. 4, no. 3, pp. 566–578, 2023, doi: 10.38048/jailcb.v4i3.2097
Published
2023-10-22
How to Cite
Fadlan, A. (2023) “Digitalisasi UMKM dengan Penguatan Media Sosial pada Kelompok UMKM di Kelurahan Pelawi Utara, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara”, Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(02), pp. 42-48. doi: https://doi.org/10.35447/prioritas.v5i02.823.